Webinar Perubahan Iklim dan Implikasinya terhadap Hukum dan Kebijakan Persaingan Usaha

  • Post category:News
You are currently viewing Webinar Perubahan Iklim dan Implikasinya terhadap Hukum dan Kebijakan Persaingan Usaha

Fakultas Hukum Universitas Brawijaya bekerjasama dengan Forum Dosen Pengajar Persaingan Usaha (FDPU) menyelenggarakan 1st webinar dengan tema Outlook 2022 Perubahan Iklim dan Implikasinya terhadap Hukum dan Kebijakan Persaiangan Usaha. Acara ini dilaksanakan pukul 08.30-11.00 Hari Jum’at (14/01/2022).

Acara diawali dengan sambutan Dr. Siti Anisah selaku sekretaris FDPU dan dibuka oleh dekan Fakultas Hukum Universitas Brawijaya, Dr. Muchamad Ali Safa’at.,S.H.,M.H.. Narasumber pada kegiatan webinar kali ini adalah Faisal Basri., S.E.,M.A, seorang ekonom senior dan Dr. Sukarmi.,S.H.,M.Hum, selaku dosen Fakultas Hukum Universitas Brawijaya dengan dimoderatori oleh Dr. Hanif Nur Widhiyanti.,S.H.,M.H..

FDPU secara rutin menyelenggarakan kegiatan ilmiah untuk menanggapi isu terkini, pada tahun 2022, Isu lingkungan hidup menjadi topik utama pada webinar kali ini. Faisal Basri menyampaikan bahwa dalam kegiatan pembangunan haruslah tetap memperhatikan permasalahan lingkungan hidup, pertumbuhan ekonomi tidak akan bertumbuh dengan baik jika mengabaikan keberlangsungan lingkungan hidup. Sementara itu Sukarmi memaparkan Perubahan iklim memiliki implikasi terhadap Hukum dan Kebijakan Persaingan usaha, sedangkan Hukum Persaingan Indonesia belum mengakomodir masalah perubahan iklim dan pembangunan berkelanjutan sehingga diperlukan cara pandang dalam melihat adanya perubahan iklim dan koprelasinya dengan persaingan usaha.

Prof. Ningrum Natasya Sirait menyampaikan harapannya bahwa acara ini dapat menjadi awal dari perjuangan untuk menyeimbangkan antara kegiatan pembangunan dan lingkungan hidup. Diharapkan, FDPU dapat menginisiasi penyusunan white paper sebagai rekomendasi terhadap KPPU dalam menyusun kebijakan. Acara dihadiri oleh dosen dan praktisi persaingan usaha.