The Final Dissertation Examination of I Made Sepud S.H., M.H.

Diversi Sebagai Upaya Perlindungan Anak

Berdasarkan ketentuan dalam pasal 1 UU No. 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, yang dimaksud dengan anak adalah seorang yang belum berusia 18 tahun termasuk anak yang masih dalam kandungan. Di Indonesia, dari 237.641.326 penduduk, terdapat 81.415.918 orang diantaranya yang berusia antara 0-17 tahun, atau jika merujuk pada ketentuan Undang-undang disebut sebagai anak. Dari jumlah tersebut, Komnas PA mencatat sebanyak 2.637 laporan mengenai kekerasan terhadap anak yang terjadi di tahun 2012.

Melihat fakta tersebut, penting bagi pemerintah dan para stakeholders untuk segera mengambil langkah konkret melalui upaya perlindungan terhadap hak-hak anak. Salah satu upaya itu muncul dalam sebuah sidang ujian akhir disertasi I Made Sepud, S.H., M.H. yang mengambil judul, “Kebijakan Legislatif Tentang Perlindungan Hukum Terhadap Anak Yang Berhadapan Dengan Hukum Melalui Diversi Dalam Sistem Peradilan Pidana”. Sidang yang digelar pada hari Sabtu, 2 Januari 2013 pada pukul 10.00-12.00 WIB ini bertempat di ruang Auditorium Lt.6 gedung A Fakultas Hukum Universitas Brawijaya. Prof. Dr. Koesno Adi, S.H., M.S. dipercaya sebagai promotor yang didampingi oleh ko-promotor Dr. Prija Djatmika, S.H., M.S. dan Dr. I Gusti Ketut Ariawan, S.H., M.H. Selanjutnya, duduk sebagai majlis penguji yaitu Prof. Dr. Made Subawa, S.H., M.S., Prof. Dr. I Nyoman Nurjaya, S.H., M.H., Prof. Dr. Sudarsono, S.H., M.S. dan seorang penguji tamu dari Fakultas Hukum Universitas Udayana, Prof. Dr. I Ketut Rai Setiabudhi, S.H., M.S. Turut hadir pula dalam acara sidang ujian akhir disertasi ini, Ketua Yayasan Kesejahteraan KORPRI Provinsi Bali, Dr. Anak Agung Oka Wisnu Murti, M.Si, Rektor Universitas Warmadewa Denpasar, Prof. Dr. I Made Sukarsa, SE., M.Si, dan juga Dekan Fakultas Hukum Universitas Warmadewa Denpasar, Ni Luh Made Mahendrawati, SH., M.Hum.

Selama hampir kurang lebih 120 menit, suasana sidang berjalan sangat kondusif. I Made Sepud, S.H, M.H. berhasil menjawab beberapa pertanyaan penguji dengan baik dan benar. Di akhir acara, Prof. Dr. Sudarsono, S.H., M.S. selaku ketua dewan penguji membacakan hasil sidang dan menyatakan bahwa Dr. I Made Sepud S.H., M.H. berhak menyandang gelar strata tiganya dengan hasil Cumlaude. Seluruh rangkaian acara berakhir pada pukul 12.05 WIB dan diakhiri dengan pemberian ucapan selamat kepada Dr. I Made Sepud S.H., M.H. lalu dilanjutkan dengan ramah tamah. (FAT)