TREND (Training Education And Dedication) Education and Training young staff FKPH 2014

  • Post category:News

Bersatu melangkah, berkarya untuk bangsa adalah jargon generasi ke 18 FKPH yang berjudul TREND. “TREND” adalah rangkaian acara diklat staf muda forum kajian dan penelitian hukum yang dilaksanakan pada 7,8 dan 9 November 2014 di Desa Tawangsari , Lawang. Diklat Staf Muda ini berisi tentang pelatihan tentang kepenulisan ilmiah mahasiswa, meningkatkan sisi kreativitas dengan menulis, kritis, organisatoris dan berkarakter.

Acara dibuka dengan perkenalan pengurus FKPH yaitu yang berasal dari berbagai bidang yaitu Bidang Kajian, bidang Penelitian, bidang Hubungan Masyarakat, bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia dan lain sebagainya. FKPH adalah lembaga otonom yang telah berdiri selama 18 tahun sebagai lembaga otonom di Fakultas Hukum yang menjadi promotor bidang penelitian dan kajian ilmu hukum.
Materi pertama disampaikan oleh Ganjar prima anggara S.H, yang memberikan materi sekaligus inspirasi tentang kepenulisan. Menurut beliau, menulis adalah tentang Cinta. Disamping itu menulis adalah mencari permasalahan serta solusi yang inovatif sebagai ide awal kepenulisan.

Diklat ini bertujuan untuk menambah keilmuan kepenulisan serta keorganisasian pada awal bergabung menjadi anggota FKPH. mereka akan ditanyai tentang motivasi mereka bergabung dengan FKPH, serta bagaimana keseriusan, komitmen kedepan bila telah bergabung dengan FKPH.

Pada hari berikutnya diadakan acara pengabdian masyarakat yaitu kegiatan mewawancarai tentang isu kenaikan harga Bahan Bakar Minyak bagi masyarakat. Tujuannya yaitu agar mengasah kepekaan mahasiswa terhadap permasalahan di masyarakat. Yang selanjutnya diadakan diskusi tentang pro kontra kenaikan harga BBM. Diskusi ini difasilitatori oleh Nabilla Desyalika Putri, S.H. Jalannya diskusi dibagi menjadi beberapa kelompok pro dan kontra dari kelompok Pemerintah, Sopir, Pengusaha UMKM, Serikat Buruh Indonesia, Dewan Perwakilan Rakyat, Akademisi, Nelayan, dan Petani. Mereka saling mengemukakan pendapat mereka serta memberikan pernyataan, dan sanggahan dan dilanjutkan penarikan benang merah dari hasil diskusi.

Pada Malam Hari, kegiatan dilanjutkan dengan materi yang menambah motivasi diri dan pengembangan karakter diri staf muda. Pemateri adalah Agung Honesta, S.H. Menurut beliau, proses belajar adalah suatu keniscayaan. Oleh karena itu, sukses adalah suatu pilihan yang diambil untuk mengubah masa depan. Perbuatan yang dilakukan secara berkelanjutan tetapi kecil itu lebih diutamakan daripada perbuatan yang tidak dilakukan secara berkelanjutan.

Dan acara selanjutnya diadakan outbond berisi games atau permainan-permainan untuk menjalin kekompakan serta keakraban antar anggota. Pelajaran yang dipetik dari outbond adalah kekompakan, teamwork, kepercayaan satu sama lain, kerjasama antar tim, serta koordinasi.

Diakhir rangkaian acara diklat, ditutup dengan Apel yaitu pengukuhan staf muda FKPH 2014 serta motivasi untuk terus berkontribusi bagi FKPH. ” Semoga staf muda dapat berkontribusi penuh bagi FKPH serta semoga dapat menyumbangkan karya-karya kedepannya bagi kemajuan bangsa” kata Launa Qisti selaku Perwakilan Direktur FKPH.