Tinjauan Manjamemen

Agenda : Tinjauan Manajemen (Rapat Kerja) 2013
Hari/Tanggal : Rabu/24 April 2013
Pukul : 13.00 s/d 12.00
Tempat : Jambu Luwuk
Undangan : Seluruh Pimpinan dan Fungsionaris (Dekan, PD, Kabag, Sekbag, KPS, KTU, Kasubag, BPPK, PDIH, Jurnal, Lab. Hukum, Lab Komputer).
Hadirin : 30 Orang
Uraian :
1 Evaluasi
a)   Hasil Tindak Lanjut Manajemen 2012
1. Peningkatan anggaran ke forum internasional dan kerjasama internasional baik yang dilakukan di bawah BPPK maupun bagian telah dilakukan. Telah ada pelatihan bahasa Inggris dan pendampingan penulisan artikel untuk dosen. Kerjasama yang cukup baik dilakukan dengan Leipzig, Wollongong, Utrecht, dan Leiden.
2. Gedung C dibangun menjadi 10 lantai. Telah dilakukan penataan ruangan di Gedung A.
3. Jurnal online belum dapat direalisasikan, namun semua tugas akhir mahasiswa telah diunggah di web hukum. Proses penerbitan Arena Hukum memasuki tahun ke-2 untuk diajukan akreditasi tahun 2014.
4. Peningkatan kualitas kuliah ketrampilan hukum dengan membatasi jumlah mahasiswa dalam satu kelas.
5. Workshop peningkatan peran Laboratorium belum dapat diselenggarakan. Lab. Komputer digabung menjadi PSIK. Perlu ketegasan status laboratorium Bahasa Inggris).
6. Telah dilakukan perubahan pola Orientasi Pendidikan dan Orientasi Kemahasiswaan agar mahasiswa baru memahami dan dapat beradaptasi dengan model pembelajaran di perguruan tinggi. Harus ada kebijakan baru. Telah dilakukan pertemuan dengan orang tua mahasiswa untuk memberikan penjelasan sistem pendidikan tinggi sehingga dapat ikut memantau perkembangan mahasiswa serta memberikan ID dan pssword untuk SIAM.
7. Tahun 2012 pembahasan kurikulum Pasca telah dilakukan oleh GJM dan Prodi. Tahun 2013 akan dibahas dan disahkan oleh Senat Fakultas.
8. Perangkat komputer di PDIH dan jaringa internet belum diaktifkan, akan dilakukan di tahun 2013. user name dan password Jurnal Online dari perpustakaan pusat diberikan setiap bulan. Jaringan dan komputer untuk akses Jurnal Online yang disediakan oleh Mahkamah Konstitusi dilakukan tahun 2013.
9. Telah disusun rekomendasi penataan kelas bahasa Inggris oleh GJM. Implementasi tahun 2013.
10. Untuk ijin operasional MKN dan akreditasi, persoalan kampus Kediri dan Jakarta harus clear dahulu. MKN telah terakreditasi. Kampus Jakarta dan Kediri telah ditunjuk koordinator.
11. Telah dilakukan penambahan pegawai baru untuk memenuhi kebutuhan.
b) Temuan Penting AIM Siklus 11
1. Dana pendidikan yang sebagian besar diperoleh dari mahasiswa baik untuk S1, S2, maupun S3. Seharusnya kurang dari 30%.
2. Data untuk program pascasarjana masih banyak yang belum lengkap.
3. Unit kerja belum menyusun laporan setiap tahun kepada dekan.
4. Struktur organisasi belum menjelaskan tentang hubungan Bagian dan Prodi, dan belum diberi keterangan dan judul gambar.
5. Belum ditetapkan standar waktu untuk penyelesaian pelayanan.
6. Belum dilakukan dokumentasi keluhan pelanggan.
c) Evaluasi Tahun 2012
1. Proses penyusunan SAP Silabus telah mencapai 80 persen dari semua mata kuliah. Sisanya tahun depan sekaligus penyusunan buku ajar secara bertahap.
2. Keketatan penerimaan mahasiswa baru untuk s1 1:5, sedangkan untuk pasca perlu ditingkatkan karena masih 1:1.
3. Tingginya tingkat mahasiswa yang terkena evaluasi studi untuk program S1, mencapai 178 orang.
4. Evaluasi studi untuk program pasca belum berjalan dengan baik.
5. AEE untuk S1 sebesar 17.84%, yang apabila dibandingkan dengan AEE untuk program S1 pada tahun sebelumnya (2011) mengalami penurunan (AEE 2011 sebesar 25,80%).
6. Hasil tracer study menunjukkan poin penting sebagai berikut : S1 : waktu tunggu rata-rata 6 bulan setelah lulus, mendapatkan pekerjaan sebagian besar lewat bursa kerja/job fair, sebagian besar terserap di sektor swasta : jasa keuangan/perbankan, perusahaan swasta (dibanding jadi PNS, atau profesi), bidang pekerjaan sebagian besar terkait dengan kompetensi alumni (bekerja terkait bidang hukum), rata-rata gaji pertama 1.5 jt, kontribusi FH dalam pembentukan kompetensi lulusan yang terkait bidang pekerjaan sesuai/tinggi, tetapi belum nampak pada sisi soft-skills.
7. Artikel dosen yang dimuat di Jurnal Ilmiah Internasional Masih kurang sekali. Apalagi US-China Law Review diragukan oleh DIKTI.
8. Pengabdian masyarakat dalam bentuk pemberian keterangan ahli belum terdistribusi dengan baik.
9. Banyak tawaran kerjasama dengan luar negeri, namun kesiapan dari fakultas belum memadai.
10. Gedung Pasca telah dirobohkan, kegiatan perkuliahan terganggu, lobby dijadikan sebagai gudang. Perlu alternatif solusi.
2. Rencana Tindak Lanjut
1. Hasil TM 2012 yang belum terlaksana agar dijalanankan pada tahun 2013.
2. Temuan AIM 11 yang belum dipenuhi diusahakan dipenuhi secara bertahap.
3. Tahun 2013 semua MK S1 harus memiliki SAP dan Silabus Baru.
4. Keketatan seleksi Pasca perlu ditingkatkan.
5. Mendorong peran dosen PA untuk lebih aktif serta pemantauan studi mahasiswa agar tidak terevaluasi. Tahun 2013 evaluasi diturunkan satu tingkat.
6. Evaluasi studi untuk program pasca agar dilakukan
7. Penurunan AEE terkait dengan penambahan jumlah mahasiswa. Tahun 2013 kuota tetap.
8. Perlu peningkatan pendidikan, pelatihan, dan aktivitas mahasiswa yang membangun soft skill.
9. Data based jurnal ilmiah internasional dan data kontak perlu dibuat. Selain ini perlu dijalin kerjasama dengan pengelola jurnal internasional
10. Penataan mekanisme di BKBH dan Bagian untuk terdistribusi kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
11. Peningkatan kesiapan kerjasama, antara lain penyusunan profile, penanggungjawab kegiatan, penerjemahan SAP dan Silabus.
12. Penataan ruangan dengan memperhatikan aspek perkuliahan sebagai core bussiness.
Manager Representative ttd Dr. Muchamad Ali Safa’at, S.H., M.H.