Sosialisasi Database ORBIS Beurau Van Dijk

  • Post category:News
You are currently viewing Sosialisasi Database ORBIS Beurau Van Dijk

Perpustakaan Pusat Universitas Brawijaya pada hari Rabu (6/09/2017) mengadakan acara “Sosialisasi ORBIS database dari Beurau Van Dijk” di Ruang Sidang 3.3 Lt.6 Gedung A FH UB. Peserta acara ini dihadiri oleh Pimpinan & Staf unit PDIH (Pusat Dokumentasi Ilmu Hukum), PSIK (Penyelenggara Sistem Informasi & Kehumasan), Arena Hukum, BLJ (Brawijaya Law Journal), dan Klinik Jurnal Fakultas Hukum, UB. Sebagai narasumber acara Samuil Almandrio, S.E.Ak. (Koordinator Beurau Van Dijk Wilayah Surabaya) memberikan pengarahan tentang adanya peluang baru serta memberikan pelatihan bagi peserta untuk mengetahui langkah-langkah dalam proses mencari data informasi.

ORBIS merupakan platform penyedia data-data di seluruh dunia yang sudah di akreditasi di bidang pendidikan, perbankan, ekonomi, politic science menghimpun dan melestarikan koleksi data-data intelektual di lebih dari 200 juta data perusahaan dunia dalam bentuk digital, sehingga harapannya bisa dimanfaatkan untuk kepentingan penelitian TA/ PKL/ Skripsi/ Tesis/ Disertasi/ Laporan penelitian.

ORBIS rencananya akan di upgrade pada bulan Oktober 2017, dalam penerapannya informasi data yang diolah ada 2 kategori yaitu public company data untuk perusahaan yang sifatnya publik, dan private company data perusahaan yang sifatnya rahasia, sedangkan untuk pengambilan data mentah ini nantinya dilakukan oleh kepemilikan dari induk data secara struktural sementara data-data yang tidak terstruktur dilakukan secara manual list.

Relevansi yang ditawarkan ORBIS kepada Fakultas Hukum, UB selain mempublikasikan jurnal-jurnal atau e-book yang sudah ada juga bermanfaat di bidang analisis pencarian data penelitian hukum perdata bisnis, dan hukum internasional. [Fhm]