Setiawan Nurdayasakti, SH., MH. bahas Kontroversi Eksekusi Pidana Mati di RRI Malang

  • Post category:News

Dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang ketiga yaitu Pengabdian Masyarakat, Fakultas Hukum UB turut berperan aktif dalam kegiatan pengabdian masyarakat. Salah satunya yaitu FH UB sejak tahun 2012 bekerja sama dengan Radio Republik Indonesia (RRI) Malang memberikan penyuluhan-penyuluhan hukum.

Pada Rabu, 3 Agustus 2016, dosen Fakultas Hukum UB, Setiawan Nurdayasakti, SH., MH. kembali menjadi narasumber pada acara Penyuluhan Hukum di RRI pukul 20.00 sampai dengan pukul 21.00 WIB. Acara yang dimoderatori oleh Ardi Ferdian, SH., MKn. ini mengambil tema Kontroversi Eksekusi Pidana Mati pada Freddy Budiman dkk.

Pada kesempatan ini, Setiawan menyampaikan bahwa Kontroversi pidana mati pada Freddy Budiman, dkk disebabkan karena yang pertama, karena adanya ketidakpastian negara dalam melaksanakan eksekusi. Yang kedua adalah pengakuan Freddy Budiman bahwa dia bekerjasama dengan aparat hukum dari Badan Nartikota Nasional, dengan Perwira TNI, dsb. Dan yang ketiga dari aspek hukumnya, bahwa dinegara kita itu diatur mengenai hak hidup, dalam UUD 45 Pasal 28i disebutkan bahwa hak hidup itu tidak dapat dikurangi dalam keadaan apapun, tapi hukuman mati masih berlaku di negara kita. Jadi ada aturan yg bertentangan antara yang satu dengan yang lain. (HUMAS FH/Ylnd)