Seminar Nasional “Reformasi Regulasi untuk Mewujudkan Sistem Regulasi Nasional yang Sederhana dan Tertib”

  • Post category:News

IMG_0922

Fakultas Hukum mengadakan Seminar nasional yang berjudul “Reformasi Regulasi untuk Mewujudkan Sistem Regulasi Nasional yang Sederhana dan Tertib” yang bekerjasama antara Kementrian PPN/ BAPPENAS dan PPOTODA Universitas Brawijaya. Bertempat di Auditorium Lantai 6 Gedung A Fakultas Hukum Universitas Brawijaya pada 17 November 2014.

Tujuan dilaksanakan seminar ini adalah dalam upaya untuk mengharapkan regulasi yang sederhana, tidak berbelit-belit, yaitu mengacu pada satu tujuan saja sehingga menghasilkan regulasi lebih Komprehensif.

Seminar Ini dimoderatori oleh Bpk Ngesti D. Prasetyo SH. MHum. Seminar ini dihadiri oleh Dr. Moch. Ali Syafa’at SH. MH, Tongam Renikson Silaban S.H M.H dari Kepala Bidang Perencanaan Legislasi Badan Pembinaan Hukum Nasional, dan Dr. Diani Sadiawati, S.H., LL.M. Direktur Analisa Peraturan Perundang-undangan, kementrian Perencanaan Pembangunan nasional/BAPPENAS serta Dr. T. Saiful Bahri Johan dari kementrian dalam Negeri sebagai pemateri.
Sinergitas Kebijakan dan Regulasi dalam Perencanaan Pembangunan. dalam setiap program dan kegiatan pembangunan perlu keselarasan dengan Visi-Misi Presiden (Nawa cita) dengan arahan RPJN 2005-2015.
Dari Pak Saiful Bahri, beliau memberikan materinya yang berjudul Sinergitas Perda dengan RPJMD dan RKPD melalui rekomendasi beliau yaitu diperlukan kajian ulang terhadap proses pelaksanaan pembentukan PERDA, RPJMD dan RKPD sehingga target indikator kinerja dapat dicapai dengan baik dan optimal. serta dalam proses pelaksanaan pembentukan PERDA diperlukan sinkronisasi antara indikator kinerja dan program dalam RPJMD dengan indikator kinerja, program, dan rencana kegiatan RKPD sehingga perencanaan dan realisasinya dapat berjalan efektif dan efisien.