National Seminar "The Improvement of UUPA"

  • Post category:News

IMG_0747

PSIKnews – Senin (11/11) Fakultas Hukum Universitas Brawijaya bidang konsentrasi hukum perdata mengadakan seminar nasional dengan tema “Penyempurnaan UUPA (Undang-Undang Pokok Agraria) sebagai Peraturan Pokok Agraria” dalam rangka peringatan 53 Tahun UUPA. Seminar Nasional sendiri diadakan di gedung auditorium fakultas hukum unversitas brawijaya lantai 6.

Permasalahan tanah terutama penguasaanya  merupakan masalah klasik di Indonesia maka dari itu para pendiri bangsa atau ahli bidang pertanahan mencetuskan landreform sebagai solusi. Landreform ini kemudian diwujudkan dengan UUPA (Undang-Undang Pokok Agraria) 1960, kemudian seiring dengan perkembangan zaman maka UUPA membutuhkan proses penyempurnaan.

Penyempurnaan UUPA sendiri sebenarnya bukanlah merupakan isu baru melainkan sudah bergulir sejak tahun 2000 dikarenakan belum mampunya UUPA untuk melindungi rakyat secara keseluruhan dimana UUPA disusun dengan semangat sentralistik dan belum mengakomodasi tanah adat. Seminar nasional ini diselenggarakan sebagai sarana pemahaman sekaligus pengingat tugas untuk memikirkan penyempurnaan UUPA sebagai peraturan pokok agraria. (nur)