Seminar Nasional Kerjasama Magister Kenotariatan Fakultas Hukum, UNHAS – Makassar

  • Post category:News
You are currently viewing Seminar Nasional Kerjasama Magister Kenotariatan Fakultas Hukum, UNHAS – Makassar

Upaya mewujudkan visi dan misi Fakultas Hukum, Unhas melakukan kunjungan kerjasama Program Magister Kenotariatan dengan Fakultas Hukum, UB. Aspek-aspek yang dibahas antara lain di bidang teknis pembelajaran, administrasi pendidikan, kerjasama beasiswa, fasilitas sarana dan prasarana penunjang pembelajaran, dan program penelitian-penelitian ilmiah.

Kegiatan kerjasama ini disampaikan langsung oleh Ketua Program Magister Kenotariatan Fakultas Hukum, Unhas Dr. Nurfaidah Said, S.H., M.H., M.Si. dan Dr. Imam Kuswahyono, S.H., M.H. selaku Kepala Program Magister Kenotariatan Fakultas Hukum, UB.

Program Studi Magister Kenotariatan telah diselenggarakan pada Program Pascasarjana Universitas Hasanuddin sejak tahun akademik 2001/2002 melalui program bekerjasama dengan Universitas Gadjah Mada. Kerjasama penyelenggaraan tersebut tertuang dalam Naskah Kerjasama (MoU) antara Universitas Gadjah Mada dengan Universitas Hasanuddin Nomor: 1279/P/KS/2001 dan Nomor: 4596/J04/PM/ 05/2001, tanggal 26 Juli 2001, dan Perjanjian Kerjasama Pendidikan antara Program Pascasarjana Universitas Gadjah Mada dengan Program Pascasarjana Universitas Hasanuddin Nomor: 3130/J01.4/PP/01 dan Nomor: 763/J04.17/LN.03/ 2001 tanggal 26 Juli 2001.

Penyelenggaraan pendidikan Program Studi Magister Kenotariatan yang dilaksanakan sejak Tahun Akademik 2001/2002 tersebut, melibatkan tenaga pengajar dari Universitas Gadjah Mada dan Universitas Hasanuddin secara team teaching, sehingga tenaga Pengajar Universitas Hasanuddin telah memiliki pengalaman dalam membina Program Studi Magister Kenotariatan.

Program Magister Kenotariatan Unhas dimulai dengan kerjasama Program Magister Kenotariatan UGM. Program Magister Kenotariatan Unhas baru resmi berdiri sendiri pada tahun ajaran 2008/2009

Harapannya dengan diselenggarakannya studi literatur antara Fakultas Hukum, Unhas dengan Fakultas Hukum, UB khususnya Program Studi Magister Kenotariatan dapat  menciptakan atmosfir akademik yang kondusif disertai dukungan sarana dan prasarana yang memadai untuk melahirkan kualitas SDM yang mampu mengenali dan menganalisa serta memecahkan masalah-masalah hukum secara bijaksana baik lingkup nasional atau internasional dan tetap bersandar kepada prinsip-prinsip hukum yang berlaku serta dapat meningkatkan kemampuan yang berkompeten dan profesional dalam bidang kenotariatan, sehingga mampu melakukan pekerjaan dan tanggungjawabnya sebagai Notaris, in-house lawyer pada perusahaan, law firm, Perbankan, Juru Lelang Kelas II, dan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT).