Seminar Bersama FHUB dengan Universiti Kebangsaan Malaysia

  • Post category:News

malay

PSIKnews – Indonesia dan Malaysia merupakan negara serumpun yang memiliki banyak kesamaan. Kedekatan historis kedua negara merupakan faktor utama penentu kemiripan tersebut. Sayangnya, pada beberapa kasus kedua negara terlihat saling bersinggungan. Khususnya untuk masalah perbatasan dan lalu lintas status tenaga kerja.

Keadaan inilah yang menimbulkan keprihatinan diantara para praktisi hukum internasional di kedua negara. Oleh karena itu, untuk menemukan solusi yang tepat, digagaslah sebuah seminar bersama bertajuk immigration and International Development Law. Bertempat di ruang Auditorium lt. VI gd A Fakultas Hukum Universits Brawijaya, acara tersebut terselenggara atas kerjasama dua institusi, yaitu FHUB bersama dengan Fakulti Undang-Undang Universiti Kebangsaan Malaysia.

Beberapa isu dibahas, salah satunya terkait status hukum anak yang dilahirkan oleh Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Malaysia, mekanisme lintas batas antar kedua negara dan sebagainya. Diharapkan, dari seminar tersebut lahir sebuah solusi yang bisa mengakomodir kepentingan kedua belah pihak tanpa ada yang merasa dirugikan. (alfa)