(Indonesia) Seleksi Internal Moot Court Competition FH UII 2013

  • Post category:News

Malang, 4 April 2013 – Tampaknya kemahasiswaan Fakultas Hukum Universitas Brawijaya mempersiapkan seribu agenda untuk meningkatkan kemampuan para mahasiswa hukum Brawijaya. Usai merampungkan seleksi internal debat Mahkamah Konstitusi, pukul 3 sore WIB kemarin kemahasiswaan kembali mengadakan seleksi internal Moot Court Competition FH Universitas Islam Indonesia 2013. Seleksi tersebut bertempat di ruang laboratorium peradilan semu lantai 3 Gedung A. Para peserta akan disaring menjadi 20 orang terdiri dari tim tampil dan tim berkas yang akan melaju mengikuti MCC FH UII mewakili Fakultas Hukum Universitas Brawijaya di Yogyakarta.
Dosen Pidana Alfons Zakaria SH, LLM merupakan penguji tunggal dalam seleksi internal MCC FH UII ini. Dari kurang lebih 33 mahasiswa peserta, beliau membagi mahasiswa menjadi dua grup. Grup 1 adalah grup mahasiswa angkatan 2012 dan grup 2 adalah grup angkatan 2011-2010. Grup 1 dipersiapkan untuk ikut serta dalam MCC sebagai saksi. Mereka dipasang-pasangkan untuk beradu akting dengan tema yang telah ditentukan oleh penguji. Akting dengan tema kasus perselingkuhan menjadi tema komedi bagi peserta lainnya yang ikut menyaksikan. Menurut Alfons Zakaria SH, LLM, dengan melihat kemampuan akting dari para peserta beliau akan mengetahui mahasiswa yang tepat untuk memainkan peran sebagai saksi. Selanjutnya Grup 2 diseleksi dengan membaca buku yang telah disiapkan beliau. Intonasi dan pengucapan kata dengan jelas merupakan syarat penting yang harus diperhatikan grup 2. Grup 2 diseleksi untuk mendapatkan peran sebagai jaksa, pengacara, hakim dan lain lain.
MCC ini sendiri bertujuan sebagai sarana mahasiswa hukum untuk mengembangkan diri sebagai perwujudan konkrit dari mata kuliah hukum acara. “Bagi saya, MCC adalah ajang melatih softskill dan pengalaman yang menarik di kampus.” tutur salah satu peserta, Ali Mashuda. Lain hal dengan Ali, salah seorang peserta lainnya Kania Galuh berminat menambah ilmu hukum acara dengan mendaftar sebagai tim berkas. Pengumuman daftar 20 peserta yang lolos untuk seleksi internal MCC rencananya akan diumumkan hari ini (5/4).  (/gta)

Malang, 4 April 2013 – Tampaknya kemahasiswaan Fakultas Hukum Universitas Brawijaya mempersiapkan seribu agenda untuk meningkatkan kemampuan para mahasiswa hukum Brawijaya. Usai merampungkan seleksi internal debat Mahkamah Konstitusi, pukul 3 sore WIB kemarin kemahasiswaan kembali mengadakan seleksi internal Moot Court Competition FH Universitas Islam Indonesia 2013. Seleksi tersebut bertempat di ruang laboratorium peradilan semu lantai 3 Gedung A. Para peserta yang telah mendaftar akan disaring menjadi 20 orang terdiri dari tim tampil dan tim berkas yang akan melaju mengikuti MCC FH UII mewakili Fakultas Hukum Universitas Brawijaya di Yogyakarta.
Dosen Pidana Alfons Zakaria SH, LLM merupakan penguji tunggal dalam seleksi internal MCC FH UII ini. Dari kurang lebih 33 mahasiswa peserta, beliau membagi mahasiswa menjadi dua grup. Grup 1 adalah grup mahasiswa angkatan 2012 dan grup 2 adalah grup angkatan 2011-2010. Grup 1 dipersiapkan untuk ikut serta dalam MCC sebagai saksi. Mereka dipasang-pasangkan untuk beradu akting dengan tema yang telah ditentukan oleh penguji. Akting dengan tema kasus perselingkuhan menjadi tema komedi bagi peserta lainnya yang ikut menyaksikan. Menurut Alfons Zakaria SH, LLM, dengan melihat kemampuan akting dari para peserta beliau akan mengetahui mahasiswa yang tepat untuk memainkan peran sebagai saksi. Selanjutnya Grup 2 diseleksi dengan membaca buku yang telah disiapkan beliau. Intonasi dan pengucapan kata dengan jelas merupakan syarat penting yang harus diperhatikan grup 2.  Grup 2 diseleksi untuk mendapatkan peran sebagai jaksa, pengacara, hakim dan lain lain.
MCC ini sendiri bertujuan sebagai sarana mahasiswa hukum untuk mengembangkan diri sebagai perwujudan konkrit dari mata kuliah hukum acara. “Bagi saya, MCC adalah ajang melatih softskill dan pengalaman yang menarik di kampus.” tutur salah satu peserta, Ali Mashuda. Lain hal dengan Ali, salah seorang peserta lainnya Kania Galuh berminat menambah ilmu hukum acara dengan mendaftar sebagai tim berkas. Pengumuman daftar peserta yang lolos untuk seleksi internal MCC rencananya akan diumumkan hari ini (5/4).  (/gta)