Sang Patih Juara 1 Moot Court ALSA 2013

Raut kebahagiaan terpancar dari wajah para delegasi Universitas Gadjah Mada (UGM). Setelah berjuang selama 3 hari (8-10/2012), mereka akhirnya berhasil membawa pulang gelar juara 1 National Moot Court Competition ALSA Piala Mahkamah Agung 2013. Secara berurutan, juara 2 diraih oleh Universitas Islam Indonesia (UII) dan juara 3 diraih oleh Universitas Indonesia (UI). ALSA LC UGM berhasil mempertahankan gelar yang sebelumnya juga mereka raih di tahun 2012.

Bertempat di Ruang sidang Pengadilan Negeri Malang, para delegasi dari Universitas terbaik se-Indonesia mengadakan lomba simulasi peradilan semu dalam agenda National Moot Court Competition. Agenda tahunan ini diselenggarakan ALSA (Asian Law Students’ Association), yang kali ini dipercayakan kepada ALSA LC UB. Sebanyak 12 Universitas ikut ambil bagian dalam acara ini, diantaranya adalah Universitas Syiah Kuala, Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran, Universitas Gadjah Mada, Universitas Brawijaya, Universitas Airlangga, Universitas Udayana, Universitas Sam Ratulangi, Universitas Hasanuddin dan Universitas Islam Alauddin Makassar.

Lomba ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan sekaligus aplikasi nyata dari ilmu yang telah diperoleh. Selain itu, acara ini juga dapat mempererat tali silaturrrahmi antar mahasiswa hukum se-Indonesia. Penilaian kompetisi ini melibatkan empat elemen yakni advokat, jaksa, hakim dan akademisi yang kesemuanya didatangkan dari Malang. Kriteria penilaian meliputi kreativitas, kesesuaian dengan peraturan perundangan, urutan dan tata cara persidangan, ketepatan penyajian serta ketepatan waktu. Pada babak penyisihan, kasus yang diperkarakan adalah ITE (Informasi Teknologi Elektronik). Sementara pada babak final ada 8 tindak pidana seperti kepemilikan senjata illegal, penculikan, pembiusan, pencurian dengan kekerasan, pengrusakan dan pelecehan seksual sesama jenis. @alsancri (alfa19)