Sambut PK2MABA Fakultas Hukum, UB TA. 2017/2018

  • Post category:News
You are currently viewing Sambut PK2MABA Fakultas Hukum, UB TA. 2017/2018

Menyambut mahasiswa baru TA. 2017/2018, Fakultas Hukum, Universitas Brawijaya (FH UB) menyelenggarakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PK2Maba) (20/8-21/8/2017). Untuk diketahui, sesuai dengan Kebijakan Rektor UB yang memberlakukan pengurangan penerimaan mahasiswa baru (Maba) sebagai upaya peningkatan kualitas layanan pendidikan, maka pada TA. 2017/2018 jumlah maba yang diterima FH UB lebih sedikit dibanding tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini FH UB menerima 612 Maba untuk program Sarjana Ilmu hukum, dan sekitar 300 mahasiswa program pascasarjana yang terdiri dari prodi. Kenotariatan & Ilmu Hukum dan sisanya adalah mahasiswa program doktor.

Dekan FH UB mengatakan secara keseluruhan tercatat 200.000 peminat yang mendaftar ke UB dan hanya 10.000 orang yang terpilih untuk diterima. Begitu juga tingkat persaingan untuk diterima di FH juga tidak kalah ketat. Tahun ini FH UB mencatat jumlah peminat yang mendaftar sejumlah 5643 orang dan hanya 612 orang yang diterima terdiri dari 5 jalur seleksi yaitu, SBMPTN sejumlah 221 mahasiswa, SNMPTN sejumlah 178 mahasiswa, Mandiri/Kemitraan sejumlah 197 mahasiswa, dan Seleksi Alih Program sejumlah 10 orang. Karenanya Dekan FH UB berpesan kepada para MABA TA. 2017/2018 untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan emas ini.

Hal senada juga disampaikan dalam sambutan Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) FH UB. Mereka berpesan pada para maba agar bersyukur bisa mempunyai kesempatan menimba ilmu di FH UB.

Selain itu, diharapkan dapat memanfaatkan kesempatan tersebut dengan sebaik-baiknya untuk menjadi pribadi yang lebih baik dalam ilmu pengetahuan maupun keimanan dan ketakwaan, sehingga dapat berkontribusi memberikan manfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara Indonesia.

Dalam kesempatan itu baik Dekan FH, Ketua DPM maupun Presiden BEM juga memperkenalkan jajaran pengurusnya masing-masing.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dimana maba dikelompokkan menjadi dua kelompok besar yang kemudian mengikuti PK2Maba dihari yang berbeda. Pada tahun ini seluruh maba mengikuti rangkaian PK2Maba selama dua hari.

Rangkaian acara dalam dua hari tersebut meliputi upacara penyambutan mahasiswa baru, materi stadium generale (pengetahuan umum tentang pembelajaran), materi mengenai proses akademik di FH UB, materi tentang kemahasiswaan dan terakhir sesi penugasan oleh panitia mahasiswa PK2Maba FH UB. Acara dikemas dalam nuansa yang santai tanpa kekerasan namun tetap serius untuk memberikan bekal bagi maba agar dapat segera beradaptasi dengan sistem pembelajaran di Universitas Brawijaya.