REGISTRASI DAN PENGISIAN KRS SEMESTER GENAP 2021/2022

Registrasi Administrasi

A. Tata cara pembayaran

  1. Mahasiswa menggunakan NIM (Nomor Induk Mahasiswa) sebagai kode pembayaran UKT/SPP di semua kanal pembayaran pada bank yang ditunjuk. Proses pembayaran dilakukan secara otomatis sehingga tidak perlu transfer atau menggunakan nomor rekening tertentu.
  2. Pembayaran UKT/SPP dapat dilakukan melalui bank berikut:  BANK MANDIRI, MANDIRI SYARIAH, BTN, BNI 46, BRI dan BRI Syariah
  3. Tata cara pembayaran dapat diakses di : https://selma.ub.ac.id/tata-cara-pembayaran/
  4. Tidak melayani pembayaran di luar bank yang telah ditentukan.
  5. Daftar ulang diluar jadwal tidak dilayani.

 

B. Jadwal registrasi administrasi/pembayaran

Tanggal pembayaran: 24 Januari – 3 Februari 2022

 

C. Syarat-syarat:

  1. Bagi mahasiswa yang semester sebelumnya cuti kuliah dapat langsung melakukan pembayaran UKT/SPP di bank yang ditunjuk.
  2. Bagi mahasiswa dengan status tidak terdaftar, blokir atau evaluasi studi pada semester sebelumnya, harus mengajukan surat aktif kuliah kembali kepada Rektor yang disetujui oleh Fakultas (Wakil Dekan I) disertai dengan form pernyataan mampu melanjutkan studi sesuai ketentuan yang berlaku.

 

Registrasi Akademik

A. Tata cara registrasi akademik

  1. Mahasiswa login pada aplikasi SIAM (https://siam.ub.ac.id)
  2. Mahasiswa melakukan pemutakhiran biodata. Mahasiswa WAJIB mengisi data alamat asal dan alamat di Malang (jika ada) sesuai dengan alamat yang sebenarnya. Pastikan nomor handphone yang dapat dihubungi adalah nomor yang benar dan aktif (Dapat menerima Paket Data). Mohon di pastikan juga kebenaran Nomor Induk Kependudukan (NIK). Informasi yang tidak benar akan mengakibatkan Anda tidak mendapatkan informasi penting yang dikirimkan pada alamat maupun nomor handphone Anda.
  3. Mahasiswa melakukan pengisian KRS sesuai ketentuan.

B. Jadwal dan ketentuan registrasi akademik/Pengisisan KRS S1 Fakultas Hukum Universitas Brawijaya

  1. Tanggal registrasi akademik/Pengisian KRS S1 Fakultas Hukum Universitas Brawijaya: 25 Januari – 4 Februari 2022 mulai pukul 08.00 WIB. Pengaturan Jadwal Pengisian KRS sabagai berikut:
    No Angkatan Tanggal Pengisian KRS
    1 2021 25 Januari – 4 Februari 2021
    2 2020 26 Januari – 4 Februari 2021
    4 2019 – 2013 27 Januari – 4 Februari 2021
  2. Pada Semester Genap 2021/2022 perkuliahan dilaksanakan secara luring dan daring. Mahasiswa dapat memilih kelas luring atau daring. Mata kuliah yang pelaksanaanya secara luring di tandai dengan penulisan kelas menggunakan huruf alfabet yang di ikuti dengan huruf “L” (luring), contoh: A-L, B-L, C-L, dst. Sedangkan kelas yang pelaksanaan kuliahnya secara daring hanya menggunakan kode kelas alfabet(satu huruf saja), contoh: A, B, C, dst, termasuk kelas “T”. Jika pada saat pengisian KRS kelas penuh, mahasiswa bisa memilih kelas T (daring).
  3. Jadwal dan kode mata kuliah Semester Genap 2021/2022 dapat diunduh disini.
  4. Bagi mahasiswa yang mengikuti program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) pada Semester Genap 2021/2022 bersamaan dengan masa pengisian KRS mengikuti ketentuan sebagai berikut:
    • Mahasiswa yang mendaftar program MBKM pada Semester Genap 2021/2022, namun masih belum ada pengumuman diterima atau tidak, maka mahasiswa dapat memprogram KRS regular sesuai dengan mata kuliah yang seharusnya di tempuh pada semester ini.
    • Mahasiswa yang mengikuti program MBKM dan sudah diterima, namun kegiatannya tidak ingin di konversi ke dalam mata kuliah, maka mahasiswa dapat memprogram KRS regular sesuai dengan mata kuliah yang seharusnya di tempuh pada semester ini.
    • Mahasiswa yang mengikuti program MBKM dan sudah diterima serta akan mengkonversi kegiatan tersebut kedalam mata kuliah, namun masih belum ditentukan oleh tim konversi fakultas menjadi mata kuliah, maka mahasiswa dapat memprogramkan (KRS) sementara dengan memilih mata kuliah tampungan yaitu mata kuliah Hukum Lingkungan Internasional dengan Kode MK MBHKP60004.
    • Mahasiswa yang mengikuti program MBKM dan sudah diterima serta sudah ditentukan oleh tim konversi fakultas menjadi mata kuliah, maka dapat melakukan KRS dengan acuan jadwal yang dapat diunduh disini
  5. Melakukan Konsultasi dan Pengesahan (Validasi) KRS, KHS ke Dosen Penasihat Akademik (PA) Secara online daftar dosen PA dapat diunduh disini. Alur pengisian KRS untuk mahasiswa Jalur Seleksi Pindahan (SAP) dan Alih Program dapat diunduh disini, dan Form KRS Manual untuk mahasiswa Jalur Seleksi Pindahan (SAP) dan Alih Program dapat diunduh disini.
  6. Mahasiswa yang pada semester Genap 2021/2022 baru memprogram mata kuliah konsentrasi cukup memprogramkan mata kuliah konsentrasi pada SIAM (https://siam.ub.ac.id) tidak perlu mengajukan ke Fakultas.
  7. Mahasiswa yang telah menempuh PKL, PKM dan Skripsi pada Semester Ganjil 2021/2022 tetapi belum selesai maka nilai mata kuliah tersebut pada Semester Ganjil 2021/2022 adalah E, sehingga pada semester Genap 2021/2022 tetap diwajibkan melakukan Registrasi Administrasi dan Registrasi Akademik (pengisian KRS) memrogram PKL, PKM dan Skripsi dalam KRS.
  8. Mahasiswa yang tidak melaksanakan ketentuan di atas akan mendapatkan sanksi akademik sesuai Buku Pedoman Pendidikan Fakultas Hukum Universitas Brawijaya Tahun Akademik 2021/2022.

 

Sanksi Bila Tidak Melakukan Registrasi

  1. Mahasiswa yang tidak melakukan registrasi administrasi pada semester Genap T.A. 2021/2022 dinyatakan tidak terdaftar sebagai mahasiswa Universitas Brawijaya  dan tidak diperkenankan melakukan kegiatan akademik dan kemahasiswaan pada semester tersebut.
  2. Bagi Mahasiswa yang telah melakukan registrasi administrasi (pembayaran SPP/UKT) tetapi ternyata secara akademik tidak memenuhi persyaratan untuk melanjutkan studinya, maka biaya SPP yang dibayarkan pada semester Genap T.A.  2021/2022 akan dikembalikan.
  3. Mahasiswa yang terlambat atau tidak melaksanakan registrasi administrasi disarankan segera mengajukan permohonan cuti akademik secara online melalui aplikasi SIAM (http://www.siam.ub.ac.id) kepada Rektor, selambat-lambatnya pada tanggal 4 Maret 2022.
  4. Mahasiswa yang tidak terdaftar lebih dari 2 (dua) semester kumulatif dan berturut-turut, dinyatakan Gagal Studi (Drop Out).

 

Lain-Lain

  1. Pengajuan Cuti secara online dapat dilakukan mulai pada tanggal 25 Januari s/d 4 Maret 2022, jika disetujui akan dibebaskan dari pembayaran SPP/UKT.
  2. Permohonan cuti akademik yang diajukan setelah batas akhir pengajuan cuti akademik atau setelah tanggal 4 Maret 2022 akan ditolak, tetap diwajibkan membayar SPP/UKT, dan disarankan untuk segera mengajukan permohonan Terminal Kuliah.
  3. Pembayaran SPP/UKT hanya merupakan bukti telah terdaftar sebagai mahasiswa dan dinyatakan Aktif jika telah melakukan registrasi akademik (Pengisian KRS).
  4. Mahasiswa yang telah menempuh Tugas Akhir (Karya Ilmiah, Skripsi, Tesis, Disertasi) tetapi belum selesai, tetap diwajibkan melakukan registrasi akademik (Pengisian KRS).
  5. Pelaksanaan registrasi akademik (pengisian KRS) diatur oleh Fakultas/Program masing-masing
  6. Tidak ada perpanjangan masa registrasi.
  7. Kuliah Semester Genap T.A. 2021/2022 di mulai tanggal 7 Februari s/d 10 Juni 2022.
  8. Calon mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam pembayaran Biaya Pendidikan Proporsional (UKT) dapat mengajukan bantuan keuangan sesuai jadwal berikut:
    Kegiatan Jadwal
    Pengajuan Bantuan Keuangan 4 – 12 januari 2022 pukul 15.00 WIB
    Verifikasi BEM 13 – 14 Januari 2022
    Verifikasi Fakultas 17 – 21 Januari 2022
    Pengumuman 24 Januari 2022 pukul 10.00 WIB
  9. Tata Cara Pengajuan Bantuan Keuangan adalah sebagai berikut:
    • Mengakses laman https://bantuankeuangan.ub.ac.id untuk informasi jadwal dan panduan aplikasi pengajuan
    • Mengisi form pengajuan bantuan keuangan dengan lengkap dan jujur
  10. Hal-hal yang belum jelas dapat ditanyakan secara online dibidang Akademik dan keuangan melalui HALO SELMA (https://haloselma.ub.ac.id). Untuk layanan Sistem Registrasi Online ke Helpdesk TIK UB melalui aplikasi Helpdesk TIK (https://helpdesk-tik.ub.ac.id).

Wakil Dekan Bidang Akademik

 

Dr. Siti Hamidah, S.H., M.M.

NIP 196606221990022001