PSIK FH UB Selenggarakan Pelatihan Penggunaan Google Scolar untuk Dosen FH UB

  • Post category:News
You are currently viewing PSIK FH UB Selenggarakan Pelatihan Penggunaan Google Scolar untuk Dosen FH UB

Jumat, 27 Januari 2016, Fakultas Hukum UB melalui PSIK FH UB, Pusat Dokumentasi Ilmu Hukum (PDIH), Arena Hukum dan Brawijaya Law Journal menyelenggarakan Pelatihan Penggunaan Google Scholar Untuk Meningkatkan Jumlah Publikasi Penelitian Dosen FH UB Secara Online. Pelatihan ini dilatar belakangi oleh Laporan Rektor pada Tahun 2016 menunjukkan bahwa penelitian Dosen Fakultas Hukum yang dimanfaatkan oleh masyarakat atau industri masih pada level 0% apabila dibandingkan dengan Fakultas lain, padahal banyak tulisan Dosen Fakutas Hukum yang sudah dipublikasi namun belum tersitasi oleh mahasiswa, masyarakat/industri.

Diselenggarakannya Pelatihan ini bertujuan agar dengan memiliki akun Google Scholar, Dosen Fakultas Hukum UB terangsang untuk mempublikasi Penelitian Ilmiah melalui Publikasi Online, sehingga berpeluang untuk bisa terindeks dimesin pengindeks jurnal, sehingga pada akhirnya, dengan penyediaan artikel ilmiah secara online, bisa meningkatkan jumlah sitasi terhadap hasil karya yang dihasilkan.

Dihadiri oleh semua dosen Fakultas Hukum UB dan beberapa mahasiswa Pascasarjana UB, cara ini digelar di Auditorium Lantai 6 Fakultas Hukum UB. Pada sesi pertama semua peserta dipandu untuk mengaktifkan akun Google Scolar oleh semua panitia. Pada sesi kedua acara ini menghadirkan Kepala Bidang Unit Pemeringkatan Internasional Universitas Brawijaya, Adharul Muttaqin, S.T., M.T, untuk memberi materi dalam pelatihan ini. Beliau menjelaskan tentang apa saja indikator utama dari pemeringkatan QS University Rangking, bagaimana Indikator sitasi dari hasil publikasi setiap dosen menunjukkan kualitas research suatu perguruan tinggi, bagaimana kondisi peringkat UB di dunia pemeringkatan, dan juga beliau memberikan tips-tips meningkatkan sitasi sebuah artikel.

Diakhir acara, Adharul menyampaikan terima kasih Fakultas Hukum yang telah menyelenggarakan acara ini, karena melalui pelatihan ini memberikan manfaat yang sangat besar untuk UB, yaitu meningkatnya jumlah publikasi di UB yang terindeks melalui mesin pengindeks Google Scholar, sehingga akan berakibat langsung meningkatkan indikator sitasi fakultas di UB.