Profil

Fakultas Hukum Universitas Brawijaya semula bernama Perguruan Tinggi Hukum dan Pengetahuan Masyarakat (PTHPM) berdiri pada 1 Juli 1957 atas Prakarsa Yayasan Perguruan Tinggi Malang (YPTM). Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat (FHPM) Universitas Brawijaya berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 59 Tahun 1982 tanggal 7 September 1982 berganti nama menjadi Fakultas Hukum Universitas Brawijaya.  Fakultas Hukum memiliki satu jurusan yakni Jurusan Ilmu Hukum. Saat ini Fakultas Hukum mengelola tiga jenjang pendidikan.

Seluruh program studi telah terakreditasi A dan akreditasi B untuk program Studi Doktor dan program studi Doktor kelas Jakarta. Selain itu, Program Studi Sarjana telah menndapat sertifikasi AUN QA.

Sarjana (S1)

Sarjana (S1) Ilmu Hukum terdiri dari lima bagian dan delapan konsentrasi

Magister (S2)

Jenjang Magister (S2) memiliki dua program studi yaitu Magister Ilmu Hukum dan Magister Kenotariatan. Jenjang Magister (S2) ini juga terdiri dari enam minat kekhususan yaitu hukum perdata, hukum pidana, hukum tata negara, hukum administrasi negara, hukum internasional dan hukum islam.

Doktor (S3)

Jenjang Doktor (S3) terdiri dari dua program studi yaitu Doktor Ilmu Hukum dan Doktor Ilmu Hukum PSDKU Jakarta

Fakultas Hukum Universitas brawijaya berkomitmen untuk ikut serta dalam meningkatkan pengakuan pendidikan secara internasional, hal tersebut ditunjukkan melalui berbagai Exchange program yang melibatkan dosen dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi dunia.

Sebagai perwujudan tri dharma perguruan tinggi, dalam bidang pendidikan kurikulum yang digunakan telah didesain secara khusus sesuai dengan capaian pembelajaran yang ingin dicapai untuk menghasilkan lulusan yang memahami keilmuan hukum secara komprehensif dan mampu menjawab tantangan di dunia kerja secara global. Fakultas Hukum juga selalu terlibat aktif dalam kegiatan ilmiah yang melibatkan praktisi dan ilmuwan hukum.

Fakultas Hukum juga menawarkan kesempatan beasiswa baik pada level nasional maupun internasional kepada mahasiswa dengan tujuan mendukung keberlangsungan pendidikan.

Pada bidang penelitian, Fakultas Hukum Universitas Brawijaya mengembangkan riset yang unggul di bidang hukum untuk membawa kemajuan dalam bidang ilmu hukum.

Dalam bidang pengabdian masyarakat, Fakultas hukum Universitas Brawijaya turut memberikan kontribusi kepada masyarakat melalui berbagai program dengan melibatkan mitra binaan.

Layanan yang diberikan oleh Fakultas hukum universitas Brawijaya ditunjang dengan Teknologi Informasi yang memadai untuk menciptakan tata kelola layanan yang teratur, efisien, dan transparan. Informasi dapat diakses secara terbuka oleh publik.

Pengembangan terhadap karakter dan soft skill mahasiswa yang berkarakter  diwujudkan melalui berbagai aktivitas mahasiswa dalam Lembaga Otonom Mahasiswa (Unit Mahasiswa0 yang memiliki tujuan untuk mengembangkan jiwa kepemimpinan, tanggung jawab, disiplin, toleransi, kerjasama, dan etika profesi.

Kerjasama yang dilakukan dengan berbagai mitra Perguruan Tinggi, Instansi pemerintah dan lembaga lainnya pada skala lokal, nasional, dan internasional menunjukkan keseriusan Fakultas Hukum Universitas Brawijaya untuk memperluas jejaring demi meningkatkan pendidikan yang unggul dan berstandar internasional.