PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PROGRAM STUDI SARJANA ILMU HUKUM

Mata Kuliah Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan salah satu Mata Kuliah Wajib Universitas dalam kurikulum Program Studi Sarjana Ilmu Hukum. Untuk menjadi seorang Sarjana Hukum diperlukan bekal ilmu pengetahuan yang cukup memadai. Bekal tersebut tidak cukup jika hanya diperoleh dengan mempelajari teori-teori di bangku kuliah, melainkan harus didukung pula dengan pengetahuan tentang kenyataan-kenyataan yang terjadi di masyarakat. Kebutuhan mahasiswa akan pengetahuan mengenai kenyataan dalam praktek menjadi semakin meningkat manakala mahasiswa tersebut akan mengakhiri masa studinya, sehingga mahasiswa diharapkan tidak menjadi canggung jika sudah tiba waktunya untuk terjun ke masyarakat.
Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan salah satu kegiatan yang dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa akan hal tersebut di atas. Kegiatan ini adalah kegiatan akademik yang bersifat intrakulikuler yang berorientasi pada program akademik dengan bobot 4 (empat) sks, untuk membekali mahasiswa agar lebih siap dan mampu beradaptasi, mengidentifikasi dan menangani masalah lingkungan masyarakat sebagai upaya pengabdian kepada masyarakat, dengan tetap berdasar pada potensi dalam masyarakat itu sendiri.
Dengan pandangan seperti di atas, mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengaktualisasikan dirinya secara luas dan mampu menyelenggarakan secara mandiri misalnya berupa penyuluhan hukum mandiri untuk mewujudkan masyarakat yang sadar hukum.
Dengan demikian, bagi masyarakat kegiatan PKM ini akan membawa manfaat tersendiri, karena penerapan ilmu yang telah diperoleh mahasiswa selama di bangku kuliah dapat mengembangkan potensi mereka. Bahkan interaksi antara mahasiswa dan masyarakat dapat membawa manfaat tersendiri bagi kedua belah pihak

Dasar Peraturan Dekan Tentang Pelaksanaan PKM Bagi Mahasiswa.

PKM UNIVERSITAS
Merupakan kegiatan PKM yang diselenggarakan oleh Universitas Brawijaya melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)

PKM FAKULTAS
Merupakan kegiatan PKM yang diselenggarakan oleh Universitas Brawijaya. Terdiri dari:

  1. PKM Kelompok
  2. PKM Mandiri Kelompok
  3. PKM Magang

PKM KONVERSI
merupakan PKM yang dilaksanakan dengan mengkonversi beberapa kegiatan mahasiswa menjadi Mata Kuliah PKM. Terdiri dari:

  1. PKM MBKM
  2. PKM Asistensi
  3. PKM Aktifitas

Penjelasan

Pengajuan Proposal Pada Tanggal TBA

Pengajuan Proposal melalui link TBA

Panduan

Mekanisme

Pengajuan Proposal Pada Tanggal TBA

Pengajuan Proposal melalui link TBA

Panduan PKM Magang 

Mekanisme
Pengajuan Konversi Aktivitas Pada Tanggal 1 – 10 setiap bulan
Pengajuan Konversi Aktivitas melalui link s.ub.ac.id/pkm-konversi-aktivitas

Panduan Konversi Aktifitas


Tata Cara Pengajuan Konversi Aktifitas


Mekanisme