(Indonesia) PKM : Fakultas Hukum kirim 9 Tim Siap Tanding

  • Post category:News

Setiap manusia diciptakan dengan anugrah Tuhan berupa kreativitas yang selalu berguna dimanapun situasi membawanya. Mahasiswa hari ini, sebagai agen of change dituntut menyumbangkan ide-ide serta pemikiran kreatif untuk memajukan negara ini. Guna menunjang kreativitas dari mahasiswa Indonesia tersebut, Ditjen Dikti menyelenggarakan suatu wadah yang disebut dengan PKM (Pekan Kreativitas Mahasiswa) yang pertama kali diselenggarakan tahun 2001. PKM dari tahun ke tahun hingga kini, juga telah menjadi agenda tahunan dari Universitas Brawijaya. Rencananya, penjurian PKM akan dilaksanakan selama 2 hari yaitu hari Sabtu dan Minggu 2-3 Maret 2013. Menurut Zuchrowardi atau Pak Sukro (panggilan akrab salah satu staff UB panitia PKM), tiap Fakultas hanya diharuskan mengirim hasil PKM mahasiswa yang terbaik saja yaitu 2 proposal (kelompok) masing-masing untuk PKM-Penelitian, PKM-Kewirausahaan, PKM-M (Pengabdian Masyarakat), PKM-Teknologi, dan PKM-Karsa Cipta serta 4 proposal (kelompok) untuk PKM-Gagasan Tertulis.
Agenda ini pun tak luput dari mahasiswa Fakultas Hukum Brawijaya, tadi siang 2 Maret 2013 Fakultas Hukum mengirimkan 9 kontingen yang telah siap bertanding mewakili FH memperebutkan piala bergilir Rektor Universitas Brawijaya ke IV 2013. Sembilan kontingen Fakultas Hukum berupa 4 tim PKM Gagasan Tertulis, 2 tim PKM Kewirausahaan, 2 tim PKM Penelitiann dan 1 PKM M (Pengabdian Masyarakat). Tak kalah dengan mahasiswanya, beberapa dosen Fakultas Hukum juga turut berpartisipasi dengan menjadi juri dalam Pekan Kreativitas Mahasiswa 2013. Dijadwalkan dari 30 juri PKM, 2 juri berasal dari Fakultas Hukum antara lain Dr. M. Fadli, SH., M.Hum dan Dr. Rachmat Syafa’at, SH., M.Si yang dua-duanya ditempatkan di Fakultas Teknik (Elektro).
Tepatnya pukul 09.00 WIB peserta sudah berkumpul di dua lokasi penjurian yang berbeda yaitu Fakultas Teknik (Elektro) lantai 1 dan Fakultas Kedokteran Gedung Baru lantai 4 masing-masing sebanyak 5 kelas. Pemilihan waktu tampil akan ditentukan dengan undian, beruntungnya seluruh tim dari FH mendapat waktu tampil hari Sabtu. Di Fakultas Teknik, 1 tim PKM-M dan 2 tim PKM-P Fakultas Hukum tampil secara bergiliran di depan para juri serta mahasiswa fakultas lainnya, selanjutnya di Fakultas Kedokteran menyusul 4 tim PKM-GT dan 2 tim PKM-K merampungkan hasil kerja kerasnya. Untuk agenda esok, Minggu 3 Maret 2013, kontingen FH hanya tinggal menunggu hasil pengumuman pemenang PKM piala bergilir Rektor Universitas Brawijaya ke IV 2013 sekitar pukul 13.30 WIB.
Sama halnya seperti tujuan dibentuknya Pekan Kreativitas Mahasiswa, peluang  yang difasilitasi oleh Universitas Brawijaya pada mahasiswa untuk mengimplementasikan kreativitas, kemampuan, tanggungjawab, serta kerjasama tim ini dapat mengantarkan mahasiswa meningkatkan kreativitas dan inovasi dalam rangka mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang cendekiawan, wirausahawan serta berjiwa mandiri dan arif. (gta)