Persiapan Konferensi Dr. Aan Eko Widiarto, S.H., M.Hum. Menuju Leipzig, Jerman

  • Post category:News
You are currently viewing Persiapan Konferensi Dr. Aan Eko Widiarto, S.H., M.Hum. Menuju Leipzig, Jerman

Kamis, 24 Agustus 2017. Dalam rangka mempersiapkan presentasi mengenai: “Ahok’s Case in Indonesia Legal System” terkait sistem hukum di Indonesia terhadap kasus Ahok yang akan digelar di Universitas Leipzig, Jerman. Dr. Aan Eko Widiarto, S.H., M.Hum. selaku pembawa materi akan banyak membahas hukum positif dan hukum negatif baik menurut asas hukum UUD dan Al Qur’an dalam perspektif islam terhadap kasus Ahok yang melakukan penistaan dalam hal kerukunan antar-umat beragama, yaitu pelecehan Agama Islam dan Ulama. Hal ini perlu dibahas secara mendalam agar penyerapan materi yang akan di bahas lebih maksimal, sehingga pertanyaan-pertanyaan temuan nanti di Leipzig, Jerman sudah dipersiapkan jawabannya. Diskusi pertemuan ini berlangsung selama kurang lebih 2 jam dengan arahan dari Ibu Afifah Kusumadara, S.H., L.L.M.SJD.

Pertanyaan yang nantinya akan disiapkan saat presentasi antara lain dalam hal: Kebebasan Beragama, Kebebasan Berekspresi, Hak Minoritas, Perlindungan Hak Asasi Manusia, Kearifan Lokal, Demokrasi, Tuhan dalam Konstitusi, Pembunuhan Kehormatan, Simbol Agama, dan Hukum Penghujatan.

Manfaat program ini adalah untuk memperluas pengetahuan dan pemahaman mereka mengenai kasus Ahok dan tindakan hukum di Indonesia, untuk belajar di salah satu negara maju, harus mengembangkan sikap toleransi. [Fhm]