Persiapan Finalis LKTI FH UII 2013

  • Post category:News


Sebanyak tiga tim dari Fakultas Hukum Universitas Brawijaya dinyatakan lolos sebagai finalis Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) bidang hukum yang diselenggarakan oleh Lembaga Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum (LEM FH) Universitas Islam Indonesia. Ketiganya dijadwalkan akan mempresentasikan hasil karya mereka di hadapan para dewan juri pada tanggal 18 April 2013.
Tim 1 FH UB diwakili oleh Airin Liemanto dkk, dengan judul Pengadilan Pemilu : Konsolidasi Demokrasi Menuju Penegakan Hukum Pemilu yang Terintegrasi. Airin dkk, mencoba memberikan solusi alternatif untuk menyelesaikan sengketa pemilu. Sedangkan tim FH UB 2 diwakili oleh Agung Honesta dkk, dengan judul Rekonseptualisasi Sistem Pengawasan Hakim Mahkamah Konstitusi oleh Komisi Yudisial dalam Mengawal Konstitusi yang Berkeadilan. Kali ini, Agung dkk mencoba mengupas sisi lain pengawasan hakim Mahkamah Konstitusi oleh lembaga yudikatif lainnya, yaitu Komisi Yudisial. Finalis terakhir diwakili oleh Achmad Aprianto dkk, yang merupakan tim FH UB 3 dengan judul Urgensitas Yudisial Review oleh Mahkamah Konstitusi sebagai Upaya Mewujudkan Negara Hukum yang Berkeadilan. Dalam karya tulisnya, Achmad dkk menekankan pentingnya Yudisial Review oleh Mahkamah Konstitusi untuk melindungi hak-hak masyarakat sebagai upaya penegakan hukum yang bertitik tolak pada tercapainya keadilan.
Untuk menghadapi babak final, ketiganya mengadakan simulasi presentasi di ruang teleconference gedung Pasca Sarjana di bawah bimbingan dan arahan langsung dari Dr. Jazim Hamidi, SH., MH. Diharapkan dengan diadakannya simulasi tersebut, mereka lebih percaya diri dalam menghadapi babak final (18/4). Ketiga finalis FH UB akan menghadapi persaingan ketat dengan beberapa finalis lain, diantaranya Universitas Indonesia (2 tim), Universitas Hasanuddin (2 tim), Universitas Sebelas Maret dan Universitas Muhammadiyah Surakarta. (alfa25)