Perisai 2015 : "Realitas Reformasi Hukum dan Sinergitas Antar Lembaga Negara sebagai Dasar Perwujudan Cita-Cita Bangsa"

AP-Perisai-indonesia-menyapaPERISAI (PERSATUAN INDONESIA)

PERISAI (Persatuan Indonesia) merupakan salah satu acara besar yang diselenggarakan  oleh  FORMAH  PK –  FH  UB  (Forum  Mahasiswa Hukum Peduli  Keadilan Fakultas  Hukum Universitas  Brawijaya). Acara  ini diselenggarakan  sebagai  salah  satu  wadah  untuk  menjawab  persoalan  yang dihadapi  bangsa Indonesia  melalui pemikiran kaum intelektual  muda yang solutif serta peduli  terhadap bangsanya. PERISAI   akan  hadir  dengan  semangat  perubahan  yang  besar  terhadap bangsa ini. Tema yang diangkat pada  rangkaian  acara  PERISAI  adalah,

“Realitas Reformasi Hukum dan Sinergitas Antar Lembaga Negara sebagai Dasar Perwujudan Cita-Cita Bangsa”

Secara garis besar terdapat 3 rangkaian acara dalam PERISAI, yang pertama yaitu  diadakannya Research  in  Social  Living  pada 10 Oktober 2015. Kegiatan ini akan diselenggarakan di salah satu  desa  percontohan  yang terletak  di Desa Bendosari, Kecamatan Pujon, Kabupaten  Malang. Dari kegiatan ini diharapkan  generasi  muda yang  diwakilkan oleh Mahasiswa hukum dapat memberikan sumbangsih  nyata bagi pemerataan pembangunan di Indonesia khususnya pada desa.

Kemudian  acara kedua,  yaitu “Hearing Nasional” dilanjutkan pada hari berikutnya pada 11 Oktober 2015.  Acara ini merupakan salah satu upaya nyata setelah diadakannya Research in Social Living. Kegiatan ini akan dihadiri oleh  Menteri Dalam Negeri, Menteri Desa Pembangunan  Daerah  Tertinggal  dan Transmigrasi,  Gubernur Jawa  Timur,  serta  Bupati  Malang. Dan juga diikuti oleh Mahasiswa dari Fakultas Hukum se-Indonesia yang akan  melakukan hearing terkait  hasil dari  Research  In  Social  Living. Hal ini  bertujuan untuk mencari solusi agar pembangunan merata dapat dilakukan dan terwujud di seluruh desa di Indonesia.

Berikutnya, yaitu ”Indonesia Menyapa” yang akan digelar pada hari Senin, 12 Oktober 2015 sebagai  puncak  dari seluruh rangkaian  acara PERISAI, yang mana didalamnya akan membahas bagaimana konsep dasar dari Reformasi  Hukum,  Sinergitas  Antar lembaga  Negara serta Cita-Cita Bangsa.  Dalam acara ini tentu akan  dihadiri  oleh tokoh-tokoh nasional yaitu Abraham Samad (Ketua KPK Periode 2010-2015), Ganjar Pranowo (Gubernur Jawa Tengah), Dr. Benny Kabur Harman, S. H (Wakil Ketua Komisi III DPR RI), Refly Harun (Pakar Hukum Tata Negara), dan juga Buya Syafi’i Maarif (Dewan Penasihat Indonesia). Yang akan dimoderatori oleh  Donny Gahral (Dosen Filsafat Universitas Indonesia). Acara  tersebut  sejatinya akan menjadi corong aspirasi dan gambaran terhadap perkembang Indonesia dimana pembahasan yang nantinya  bisa menjadi sudut pandang masyarakat bahwa Indonesia mempunyai secarik harapan untuk menjadi Indonesia yang didambakan melalui  sinergitas antar lembaga negara yang lebih baik.

Melalui acara tersebut, masyarakat khususnya kaum intelektual muda tidak lagi  apatis dengan dunia hukum,  sehingga  dapat  melahirkan  benih-benih pemikir  yang kritis  dan peduli  terhadap kemajuan dan kesejahteraan rakyat.  Dan juga diharapkan masyarakat akan  menaruh  kepercayaan  kepada lembaga-lembaga negara setelah melihat tumpang tindih yang terjadi didalamnya. Dengan digelarnya “ Indonesia  Menyapa” maka kaum intelektual muda kita akan memiliki  tumpuan  energi yang  akan  bergerak  maju  untuk membangun bangsa ini. Acara ini tidak hanya dibuat untuk mahasiswa, tetapi dapat dikonsumsi oleh masyarakat umum. Maka dari  itu,  kami  Forum Mahasiswa Hukum  Peduli  Keadilan  Fakultas  Hukum  Universitas  Brawijaya mengadakan  serangkaian acara PERISAI sebagai  salah satu bukti  dan konstribusi kami dalam memajukan bangsa Indonesia tercinta.

Bertempat di Gedung Samantha Krida Universitas Brawijaya, pada hari Senin, 12 Oktober 2015 yang akan dimulai pukul 18.00 – 22.00 WIB (Open gate pukul 16.00 – 18.00 WIB)

Contact Person : 0812-33703154 (Nahum) dan 0856-49577445 (Azmy)

— What are you waiting for? Come and see, you’ll feel the atmosphere!