Penyuluhan Hukum Bagi Bintara Pembina Desa KODIM 0833 Malang

  • Post category:News
You are currently viewing Penyuluhan Hukum Bagi Bintara Pembina Desa KODIM 0833 Malang

Fakultas Hukum Universitas Brawijaya bekerjasama dengan KODIM 0833 Kota Malang Menyelenggarakan Penyuluhan Hukum Bagi Bintara Pembina Desa KODIM 0833 Malang, Rabu 26 Februari 2020, di Ruang Sidang I LT 6 Gedung A FHUB.

Bintara Pembina Desa, selanjutnya disingkat Babinsa, adalah salah satu kekuatan Kodam (Komando Daerah Militer) yang dinaungi secara berturut-turut oleh Komando Rayon Militer (Koramil), Komando Distrik Militer (Kodim), dan Komando Resort Militer (Korem). Babinsa adalah unsur pelaksanaan Koramil yang bertugas melaksanakan Pembinaan Teritorial (Binter) di wilayah pedesaan/kelurahan.  Di era reformasi sekarang ini, kemampuan Babinsa sangat menentukan keberhasilan Binter sehingga di dalam melaksanakan tugasnya Babinsa selalu berkoordinasi dengan aparat terkait di Desa/ Kelurahan seperti tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda agar tidak terjadi kegagalan-kegagalan dalam melaksanakan tugasnya.

Kegiatan ini diikuti oleh anggota Bintara Pembina Desa Kodim 0833 Kota Malang sebanyak 50 orang. Turut hadir Dr. Setiawan Noerdajasakti, S.H., M.H selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Dr. Hanif Nur Widhiyanti S.H., M.Hum selaku Ketua Badan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (BPPM), kegiatan acara dimulai dengan Sesi I Pelatihan dengan Tema “Kekerasan Dalam Rumah Tangga” disampaikan oleh Dr. Lucky Endrawati, SH., MH. Sesi II Pelatihan dengan Tema “Tindak Pidana” disampaikan oleh Mufatikhatul Farikhah, SH., MH. Pelatihan Sesi III dengan Tema “Hukum Perkawinan dan Keluarga” disampaikan oleh Fitri Hidayat, SH., MH. Pelatihan Sesi IV : Tema “Hukum Agraria” disampaikan oleh Prawatya Ido Nurhayati, SH., MKn. Kemudian acara diakhiri dengan sesi tanya jawab. (IRM)