Pengukuhan Guru Besar Prof. Dr. Abdul Rachmad Budiono, S.H., M.H. Fakultas Hukum, UB

  • Post category:News
You are currently viewing Pengukuhan Guru Besar Prof. Dr. Abdul Rachmad Budiono, S.H., M.H. Fakultas Hukum, UB

Universitas Brawijaya (UB) mengukuhkan dua Guru Besar sekaligus pada Rabu (27/9/2017) di Gedung Widyaloka UB. Pengukuhan keduanya menambah jumlah Guru Besar aktif di Universitas Brawijaya. Kedua Guru Besar tersebut adalah Prof. Dr. Abdul Rachmad Budiono, S.H., M.H, dan Prof. Dr. Ir. Lilik Eka Radiati, M.S.

Prof. Dr. Abdul Rachmad Budiono, S.H., M.H., yang berasal dari Fakultas Hukum dan Prof. Dr. Ir. Lilik Eka Radiati, M.S. yang berasal dari Fakultas Peternakan.

Prof Dr. Abdul Rachmad Budiono, S.H., M.H. (57 tahun), lelaki kelahiran Madiun 1959, menempuh pendidikan Sarjana Ilmu Hukum, Universitas Brawijaya (1984), Magister Ilmu Hukum, Universitas Indonesia (1991), dan Doktor Ilmu Hukum lulusan Universitas Airlangga (2007), dosen tetap PNS Fakultas Hukum, Universitas Brawijaya sejak 1986, diangkat sebagai gurubesar dalam bidang Ilmu Hukum Perburuhan dan Ketenagakerjaan (2017) pada Fakultas Hukum, Universitas Brawijaya dengan pangkat pembina utama muda golongan IV/a, pernah menjabat sebagai Sekretaris Jurusan Hukum Perdata (1996-1999), Ketua Program Studi Magister Kenotariatan (2009-2012), Sekretaris Program Doktor Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Brawijaya (2015), dan Ketua Program Studi Doktor Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Brawijaya (2015-sekarang).

Orasi ilmiah kedua Guru Besar baru di UB ini dinilai Rektor Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri, M.S. sebagai karya monumental yang bisa menjadi rujukan bagi akademisi lain untuk melahirkan karya ilmiah yang bermutu. Selain itu, karya tersebut juga bisa menjadi rujukan bagi pengambil keputusan untuk menetapkan kebijakan yang relevan.

Lebih jauh, Rektor menunggu karya lebih lanjut untuk memperkuat eksistensi kepakarannya dan meningkatkan kinerja akademik UB. Menurutnya sudah menjadi kelaziman bahwa kredibilitas seorang pakar ditentukan oleh karya akademiknya.

Pada kesempatan itu, kedua gurubesar menyampaikan orasi pada pidato pengukuhan professornya secara bergantian. Prof. Dr. Abdul Rachmad Budiono, S.H., M.H. dengan judul “Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial di Indonesia”, disusul Prof. Dr. Ir. Lilik Eka Radiati, M.S. dengan judul “Praktik Penanganan Susu Segar yang Baik untuk Meningkatkan Mutu Mikrobiologis sesuai Standar Nasional”.