Pengabdian Masyarakat: Hukum Sebagai Mekanisme Proteksi Terhadap UMKM: Peningkatan Potensi UMKM

  • Post category:News
You are currently viewing Pengabdian Masyarakat: Hukum Sebagai Mekanisme Proteksi Terhadap UMKM: Peningkatan Potensi UMKM

Fakultas Hukum Universitas Brawijaya melakukan kegiatan pengabdian pada kurun waktu september hingga november yang dilaksanakan oleh  Zairul Alam, Ranitya Ganindha dan Nur Chanifah. Kegiatan pengabdian ini bekerja sama dengan UMKM karena dianggap memegang peranan penting dalam kegiatan perekonomian Indonesia, sebagian besar usaha di Indonesia adalah usaha kecil yang banyak menyerap tenaga kerja. Banyak tenaga kerja yang terserap melalui aktivitas UMKM tersebut.

Akan tetapi perkembangan signifikan dari sisi kuantitas tersebut belum diiringi dengan sisi kualitas. Sumber daya manusia, permodalan, teknologi, dan jaringan adalah permasalahan klasik yang kerap menghambat kemajuan UMKM. Selain itu, UMKM juga memiliki kecenderungan tidak memiliki pemahaman hukum yang baik. Mekanisme pengaturan hukum yang tepat akan meningkatkan potensi yang dimiliki.

Namun, apabila regulasi terlalu berbelit dapat dipastikan akan menyulitkan bagi UMKM. Sebagian besar pelaku usaha kecil tersebut adalah masyarakat yang rata-rata tidak memiliki pengetahuan yang baik mengenai hukum. Beranjak dari permasalahan tersebut, kegiatan pengabdian masyarakat ini disusun dengan tujuan untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh UMKM. Pendampingan Hukum dilakukan secara intensif dengan tujuan dapat memberikan manfaat secara optimal terhadap UMKM tersebut.

Beranjak dari permasalahan tersebut, kegiatan pengabdian masyarakat ini disusun dengan tujuan untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh UMKM. dan dalam kegiatan ini dilakukan Pendampingan Hukum secara intensif dengan tujuan dapat memberikan manfaat secara optimal terhadap UMKM tersebut.

adapun tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah meningkatnya pemahaman hukum pelaku usaha UMKM dalam melaksanakan kegiatan usaha yang akan berimbas pada kegiatan pengabdian masyarakat ini disusun dengan tujuan untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh UMKM. Pendampingan Hukum dilakukan secara intensif dengan tujuan dapat memberikan manfaat secara optimal terhadap UMKM tersebut.