Pemuda : Kritis & Solutif

Media kerapkali memberikan stigma negatif kepada generasi muda.Terlebih, fakta juga menunjukkan bahwa usia muda banyak dihiasi dengan hal-hal berbau kontroversial. Mulai dari tawuran, narkoba hingga kasus kriminalitas lainnya. Namun, percayakah anda jika tidak semua pemuda bertingkah laku seperti itu?

Harapan tentang lahirnya generasi muda unggulan yang berkarakter mulai nampak dalam diri para pemuda Indonesia saat ini. Paling tidak, citra itu muncul dalam sebuah komunitas bernama FKPH. Forum yang dipimpin oleh Agung Honesta ini selalu berpartisipasi aktif dalam kegiatan keilmuan dan pengembangan sumber daya manusia. Agenda terdekat yang akan dilakukan adalah dengan membimbing para mahasiswa yang berkeinginan untuk mengikuti ajang lomba penulisan karya ilmiah. Momentum itu-pun tiba dengan datangnya informasi dari panitia LKTI Karisma Banten.
Even yang telah dihelat sejak 2 tahun terkahir tersebut merupakan lomba LKTI tingkat nasional yang mengambil tema besar dalam lingkup hukum serta IPA & IPS. Dalam konteks hukum, mahasiswa diberikan beberapa tema, seperti : hukum pidana korupsi, hak kekayaan intelektual, hukum pemerasan, hukum pencucian uang, hukum perlindungan anak, hukum kekerasan rumah tangga, hukum konstitusi, hukum tata negara, hukum penyuapan, serta hukum administrasi. Beberapa tema tersebut merupakan upaya besar dari para komunitas penulis Banten Karisma, sebagai upaya untuk melahirkan generasi muda yang tidak hanya kritis namun juga solutif.
Even yang rencananya akan digelar pada tanggal 13-16 Maret 2013 tersebut bersinergi dengan KNPI, Pemprov Banten dan PPWI. Semoga, dengan keikutsertaan para mahasiswa, terutama mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Brawijaya dalam ajang tersebut, akan segera lahir dari bumi arema bibit potensial yang berkarakter, kritis dan solutif. (alfa69)