Pembukaan Konferensi Internasional FH dengan Universitas Utrecht

  • Post category:News
Dari kiri ke kanan: Prof.Dr.Ir. Yogi Sugito , Prof. Joseph Mula PhD. , Prof.dr.H.R.B.M. Kummeling, Prof.Dr. Tineke Lambooy , Dr. Sihabbudin SH. MH.
Dari kiri ke kanan: Prof.Dr.Ir. Yogi Sugito , Prof. Joseph Mula PhD. , Prof.dr.H.R.B.M. Kummeling, Prof.Dr. Tineke Lambooy , Dr. Sihabbudin SH. MH.

Malang, 9 April 2013 – Sebagai tindak lanjut dari tiga tahun bentuk kerjasama antara Fakultas Hukum Universitas Brawijaya dan Universitas Utrecht, hari ini Fakultas Hukum UB mengadakan International Conference (IC) bertema “Corporate Social Responsibility and Sustainable Development”. Menurut rencananya acara ini akan berlangsung selama 3 hari dari tanggal 9 sampai 11 April 2013 mendatang. Peserta terdiri dari berbagai asal antara lain dari tamu Universitas Utrecht, Malaysia dan peserta di dalam negeri sendiri. Peserta dalam negeri terdiri dari perwakilan universitas negeri maupun swasta. Hampir seluruh peserta dalam negeri di tiap wilayah Indonesia hadir yaitu Medan, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa tenggara barat, Nusa tenggara timur, Sulawesi dan Kalimantan. Tidak hanya mahasiswa S1, peserta International Conference (IC) ini juga terdiri dari akademisi. Menurut salah satu panitia Ikaningtyas, SH. LLM, peserta dari luar negeri mayoritas merupakan mahasiswa program master of law dan PhD. Untuk pemateri, panitia IC menyiapkan sebanyak 51 orang. Adapun Salah satu syarat menjadi pemateri adalah membuat dan mengajukan paper mengenai tema IC yaitu  Corporate social responsibility (CSR) yang selanjutnya akan diseleksi oleh panitia.
Tepat pukul 09.00 WIB pagi, rektor UB Prof.Dr.Ir. Yogi Sugito membuka acara dengan sambutan. Beliau memberikan ucapan selamat datang disela-sela sambutannya yang menggunakan bahasa Inggris dengan fasih. Sebagai perwakilan Universitas Utrecht, Dekan Fakultas Hukum, Ekonomi dan Pemerintahan Prof.dr.H.R.B.M. Kummeling turut memberikan sambutan yang dilanjutkan dengan coffee break selama 30 menit. Untuk acara hari pertama ini akan dibagi menjadi 3 sesi yaitu Keynote Speaker, Plenary Session dan Welcoming Dinner. Keynote Speaker akan diisi oleh dua pemateri selama 120 menit di ruang Auditorium. Sebagai pemateri pertama, Prof.Dr. Tineke Lambooy dan asisten penilitiannya Sander Van’t Foort mempresentasikan materi berjudul “Sumba Iconic Island – A case study on establishing a community-public-private partnership for providing renewable energy”.  Sedangkan   pemateri selanjutnya adalah Prof. Joseph Mula PhD. Beliau menyampaikan materinya berupa “Corporate Social Responsibility in Australia: By legislation, Public Policy or Voluntary Social Action”.
Usai makan siang, peserta dibagi ke dalam tiga ruangan yaitu di ruang Auditorium, ruangan 1 dan ruangan 3.  Hal ini adalah bagian dari Plenary Session. Materi yang disampaikan ditiap ruangan berbeda, sehingga peserta dibebaskan untuk ikut di ruangan manapun. Ruang Auditorium diisi oleh 3 pemateri. Materi pertama di ruang Auditorium berjudul The Legal Framework of CSR in Indonesia yang diisi oleh Ahmad Firdhaus Sukmono, SH.MH. Materi kedua diisi Dr. Marie-Jose van der Heijden dengan judul “Security Law: CSR and Capital Markets Developments:CSR, SRI and Sharia securities in Indonesia”. Dan pemateri ketiga mempresentasikan “PrivatisationLaw: Comparative study on the privatisation of State-Owned Enterprises in Indonesia and Greece: What is the role of CSR in the privatisation process?”. Tidak jauh berbeda di ruang Auditorium, ruang 3 juga diisi oleh 3 pemateri yaitu Aini Kurratu SH dan Yulia Levashova LLM; Listi Witanni SH; serta Annisa Hidayat, LLM dan Yulia Levashova, LLM. Masing masing materinya berturut-turut adalah “Investment Law: The implementation of CSR under Indonesian Law and the Indonesian Bilateral Investment Treaties: A lack of coherency?” “CSR due diligence in the context of merger and acquisition transaction of mining companies in Indonesia” dan “The EU Timber Legislation and its impact and consequences on Indonesia timber law and policy”.
Lain halnya dengan ruang Auditorium dan ruang 3, ruang 1 lebih banyak diisi oleh pemateri dari dosen Fakultas Hukum sendiri. Indah Qurbani, SH. MH dan Milda Istiqomah SH. MTCP menjadi pemateri pertama di ruang ini dengan materi berjudul “The legal principles of CSER of mining companies as a new paradigm in Indonesia“.  Selanjutnya Dr. Nurini Aprilianda SH. MH dan Dr. Jazim Hamidi SH. MH mengisi materi berjudul “CSR and Food Safety Risk Vulnerability in the Juvenile Correctional System of Indonesia“. Terakhir, materi “Access Control Based CSR as a model of plantation land dispute resolution in East Java” disampaikan oleh Imam Koeswahyono SH. Mhum dan Fachrizal Afandi Spsi, SH. MH.
Selama kurang lebih 120 menit berdiskusi di ruang yang berbeda-beda dalam Plenary Session, pukul 16.00 WIB sore peserta diberi kesempatan untuk beristirahat sejenak sebelum akhirnya melanjutkan acara di sesi Welcoming Dinner. Pukul 19.00 WIB peserta berkumpul dalam satu ruangan lagi di ruang Auditorium. Dekan Fakultas Hukum, Ekonomi dan Pemerintahan Prof.dr.H.R.B.M. Kummeling kembali memberikan sambutan setelah Dekan Fakultas Hukum, Dr. Sihabbudin SH. MH memberikan sambutan pembukaan. Universitas Brawijaya yang diwakil Dekan Fakultas Hukum turut memberikan cindera mata untuk 10 partner Universitas Utrecht. Launching Buku berjudul “CSR in Indonesia: Legislative developments and case studies” yang ditulis oleh pihak Fakultas Hukum Universitas Brawijaya dan Universitas Utrecht menutup acara hari pertama ini.  (/gta)