Pelantikan Pengurus Lembaga Organisasi Kemahasiswaan 2013

  • Post category:News
Pelantikan BEM, DSM, LO

Organisasi mahasiswa merupakan wadah bagi para mahasiswa untuk mengembangkan diri sesuai dengan minat dan bakat para masing-masing individu mahasiswa. Sudah menjadi rahasia umum bahwa organisasi mampu menunjang mahasiswa untuk meningkatkan wawasan, membentuk pola pikir yang lebih baik, meningkatkan kemampuan berkomunikasi, melatih leadership (kepemimpinan) sampai pada memperluas pergaulan. Sebagai kampus yang menunjang perkembangan dari para mahasiswanya, Fakultas Hukum Universitas Brawijaya menyediakan berbagai macam jenis organisasi mahasiswa seperti Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Dewan Senat Mahasiswa (DSM), Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) dan Lembaga Otonom lainnya. Kemarin siang, 28 February 2013 bertempat di ruang Video Conference gedung PascaSarjana Fakultas Hukum Universitas Brawijaya diadakan Pelantikan Pengurus Lembaga Organisasi Mahasiswa Hukum Brawijaya.
Acara tersebut dimulai pukul 14.30 WIB dihadiri oleh Dekan Fakultas Hukum Dr.Sihabudin SH, MH; Pembantu Dekan 1 Dr. Much Ali Syafaat SH, MH; Pembantu Dekan 3 Arif Zainudin SH, MH serta para mahasiswa yang menjabat menjadi pengurus organisasi kemahasiswaan yang ada di Fakultas Hukum dan beberapa dosen. Seluruh mahasiswa di ruangan tersebut tampak rapi mengenakan almamater. Memulai acara tersebut, seluruh undangan yang ada didalam ruangan tersebut menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hymne Brawijaya dan tak lupa mars kebanggaan mahasiswa hukum Brawijaya yaitu Mars Fakultas Hukum. Setelah itu, Edy Roesanto, SH, MH selaku Kasubag Kemahasiswaan dan Alumni mulai membacakan Surat Keputusan (SK) Dekan Fakultas Hukum Universitas Brawijaya beserta susunan kepengurusan lembaga organisasi mulai dari BEM, DSM, FKPH (Forum Kajian Penelitian Hukum), FORSA (Forum Studi Agama), FORMAH PK (Forum Mahasiswa Peduli Keadilan), Teater Kertas, ALSA (Asian Law Study Association), LESC (Law English Study Club), LPM ManifesT, dan FORKOM (Forum Komunikasi) Pascasarjana. Usai pembacaan SK Dekan, Pembantu Dekan 3 Arif Zainudin SH, MH membacakan sumpah/janji pengurus terpilih yang diikuti oleh seluruh mahasiswa pengurus lembaga organisasi kemahasiswaan  terpilih dengan khidmat. Pengucapan sumpah tersebut melambangkan janji para mahasiswa tersebut untuk menjalankan roda organisasi dengan amanah, tanpa menunggu waktu yang lebih lama lagi Dr.Sihabudin SH, MH memulai prosesi pelantikan pengurus terpilih. Setelah melakukan serah terima jabatan pengurus lama pada pengurus baru yang diwakilkan oleh BEM, Dekan Fakultas Hukum menyampaikan sambutannya yang berisi pesan bagi para mahasiswa untuk menjaga keberlangsungan organisasi dengan sebaik-baiknya. Menurut Dekan, bergabung dengan organisasi merupakan latihan softskill bagi mahasiswa, misalnya belajar mengemban amanah dan berlatih menjadi seorang pemimpin. Dr.Sihabudin SH, MH yakin salah satu dari para pengurus organisasi tersebut akan menjadi pemimpin di masa mendatang. Beliau berharap mereka menjadi contoh yang baik bagi yang lain. “Visi utama kalian haruslah rukun, kerjasama dan kompak antar organisasi” tuturnya.
Acara pelantikan ditutup dengan doa dan jabat tangan pengurus lembaga kemahasiswaan dengan Dekan dan para dosen. Harapan diadakan acara ini, adalah para lembaga kemahasiswaan resmi memulai tugas dan kewajibannya sebagai pengurus terlantik dengan sebaik-baiknya.(gta)