Pelantikan Pengurus Ikatan Alumni Magister Kenotariatan Fakultas Hukum, UB

  • Post category:News
You are currently viewing Pelantikan Pengurus Ikatan Alumni Magister Kenotariatan Fakultas Hukum, UB

Malang (14/11) Fakultas Hukum, Universitas Brawijaya (FH UB) menggelar pelantikan kepada pengurus baru Ikatan Alumni Magister Kenotariatan yang dihadiri oleh Pimpinan Dekan Dr. Rachmad Safa’at, S.H., M.Si.,  Dr. Herman Suryokumoro, S.H., M.S., Dr. Imam Kuswahyono, S.H., M.H., beliau sekaligus memimpin dalam pengucapan Sumpah Janji kepada seluruh Ikatan Alumni Magister Kenotariatan yang terpilih pada periode 2017-2021 beliau juga berpesan kepada Alumni agar ilmu serta keterampilannya di bidang notaris dapat dipraktekkan untuk melayani kebutuhan masyarakat di Indonesia khususnya juga sekaligus dapat mengharumkan almamater FH UB. Keterampilan yang dimaksud yaitu bagaimana mereka (alumni) bisa memberikan kontribusi yang baik dan tepat sasaran selama menjalankan studinya di FH UB dengan mengisi kegiatan kuliah tamu, terkait temuan-temuan atau permasalahan-permasalahan yang menyangkut di bidang notaris.

Acara ini dilanjutkan dengan kegiatan seminar notaris yang bertemakan “Menjadi Notaris yang Berintegritas” yang dibawakan langsung oleh kedua narasumber yaitu Dr. Endang Sri Kawiryan, S.H., M.Hum., (Notaris & PPAT Kota Malang) dan Miftachul Machsun, S.H., M.H., (Notaris & PPAT Kota Surabaya).

Pemaparan pertama dilakukan oleh Dr. Endang Sri Kawuryan, S.H., M.Hum. beliau mengatakan bahwa sebagai seorang Notaris merupakan seorang pejabat umum yang miliki kekhususan dalam bidangnya dikarenakan seorang Notaris dibekali hal-hal yang khusus yang sifatnya memberikan nilai-nilai pendidikan untuk melayani kepentingan masyarakat serta mendengar keinginan oleh pihak. Dalam melayani masyarakat hal-hal yang menjadi dasarnya adalah:

  1. Memiliki Ilmu / Wawasan dibidangnya.
  2. Memiliki Integritas yang dapat berguna membangun karakter secara profesional.

sebagai seorang pejabat negara, tidak ada jabatan yang memakai stempel selain pekerjaan seorang Notaris, maka dari itu seorang Notaris hendaknya memiliki tanggungjawab dan integritas yang penuh salahsatunya:

  1. Seorang Notaris harus dapat dipercaya yang hanya tidak hanya banyak bicara, serta dapat menyimpan rahasia yang tidak perlu diceritakan.
  2. Jujur dan Amanah serta dapat menjaga kepercayaan kepada kita.
  3. Menghargai perbedaan pendapat oleh kedua belah pihak

Selanjutnya, pemaparan materi oleh Miftachul Machsun, S.H., M.H., beliau menjelaskan sebagai seorang Notaris yang berintegritas harus memiliki alat bukti berupa akta autentik, akta autentik berfungsi sebagai alat bukti yang meiliki kekuatan, Integritas artinya utuh atau lengkap secara definitif sebagai suatu konsistensi keteguhan kita dalam melakukan tindakan yang dapat menjunjung tinggi nilai-nilai kebenaran, integritas tidak bisa berdiri sendiri, integritas satu kesatuan dengan sikap profesionalitas seseorang terhadap hal ekhwal yang tidak dapat diragukan lagi kebenarannya atau keautentikannya, sehingga seorang Notaris yang memiliki keahlian khusus diantaranya:

  1. Mengutamakan keahlian dan keterampilan.
  2. Ruang lingkup meliputi bidang-bidang tertentu (profesionalis).
  3. Bersifat tetap dan terus-menerus.
  4. Bertanggungjawab tanpa mengharapkan imbalan.
  5. Mendapatkan izin yang berwenang secara berkelompok/berorganisasi.

Dengan demikian upaya-upaya tersebut dapat dilakukan dan dicapai oleh seorang Notaris, agar menjadi salahsatu Notaris yang berintegritas dan dapat dipertanggungjawabkan secara moral. [FHM/Humas]