Paralegal BKBH berikan Penyuluhan Hukum di RRI tentang Klasifikasi Badan Usaha

  • Post category:News

Sebagai bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yang ketiga yaitu Pengabdian Masyarakat, Fakultas Hukum UB turut berperan aktif dalam kegiatan pengabdian masyarakat. Salah satunya yaitu FH UB sejak tahun 2012 bekerja sama dengan Radio Republik Indonesia (RRI) Malang memberikan penyuluhan-penyuluhan hukum.

Pada hari Rabu 05 Oktober 2016, Paralegal di BKBH Fakultas Hukum UB, Henry Dasdo Prawira Sinurat dan Gilang Rahman Prasetyo menyampaikan penyuluhan di RRI pada pukul 20.00 sampai dengan pukul 21.00 WIB. Tema yang dibahas kali ini adalah mengenai klasifikasi badan usaha dan tata cara pendiriannya menurut hukum positif (hukum yang berlaku di Indonesia).

Masih banyak pengusaha pemula yang kurang paham mengenai klasifikasi dan tata cara pendirian badan usaha itu sendiri sehingga dalam kesempatan kali ini narasumber memberikan penyuluhan hukum terkait hal tersebut, salah satu yang dibahas yaitu klasifikasi badan usaha yang diatur dalam Kitab Undang-Undang Hukum Dagang. Kemudian  ketaatan pengusaha untuk mendaftarkan badan usahanya dapat memberikan manfaat bagi pengusaha itu sendiri. Salah satunya yaitu dalam pengembangan usaha, serta menjalankan usaha yang aman di mata hukum. Masih banyak ditemui pengusaha yang tidak mendaftarkan badan usahanya demi menghindari pembayaran pajak, padahal identitas , status, solvabilitas, bonafiditas badan usaha merupakan faktor penting suatu badan usaha dalam menyelenggarakan kegiatan usahanya. Salah satu undang-undang yang dibahas ialah Undang-Undang No. 3 Tahun 1982 tentang Wajib Daftar Perusahaan. (HUMAS FH/Ylnd – BKBH)