(Indonesia) P2HK FH UB Kerjasama Dengan FUU UKM Selenggarakan Workshop Hukum Ketenagakerjaan di Malaysia

  • Post category:News

Pusat Pengembangan Hukum Ketenagakerjaan (P2HK) FH UB bekerjasama dengan Kluster Undang-Undang dan Penyelesaian Pertikaian Fakulti Undang-Undang Universiti Kebangsaan Malaysia (FUU UKM) telah menyelenggarakan International Workshop on Labour Law and Industrial Relation dengan tema “Dismissal on grounds of Economic Reasons: International and National Level” pada tanggal 25 – 26 November 2014 bertempat di FUU UKM. Workshop ini bertujuan untuk mendiskusikan pengaturan dan praktik pemutusan hubungan kerja atas alasan-alasan yang berkaitan dengan situasi ekonomi, baik pada level international maupun nasional di kalangan akademisi dan praktisi dalam bidang hukum ketenagakerjaan dan hubungan industrial.

Workshop dihadiri oleh para pembicara, baik akademisi maupun praktisi di bidang hukum ketenagakerjaan, antara lain: Prof. Dr. Kamal Halili Hassan (UKM); Prof. Dr. Nik Ahmad Kamal Nik Mahmod (Islamic International University of Malaysia); Prof. Dr Rozanah Ab Rahman (Universiti Putra Malaysia); Dr. Rohani dan Dr. Salawati (UKM); Dr. Andari Yurikosari (FH Universitas Trisakti, Jakarta); Sugeng Santoso, SH, MH, MM (Hakim Pengadilan Hubungan Industrial Surabaya); dan Budi Santoso, SH, LLM (FH UB). Sementara sekitar 40 peserta akademisi dan praktisi yang datang dari sejumlah perguruan tinggi, kantor hukum, dan lembaga pemerintahan di Indonesia dan Malaysia telah aktif hadir dalam kegiatan ini.

Pada akhir sesi workshop disepakati akan disusun buku Hukum Ketenagakerjaan Indonesia dan Malaysia yang akan diterbitkan bersama oleh FH UB dan FUU UKM pada tahun 2015. Buku ini akan berisi kumpulan tulisan oleh para akademisi dan praktisi hukum ketenagakerjaan dan hubungan industrial dari Indonesia dan Malaysia yang akan dicetak dalam tiga bahasa (Bahasa Indonesia, Bahasa Malaysia, dan Bahasa Inggris).