Musim Ujian, Musimnya ISC Belajar Bersama

  • Post category:News


Musim Ujian Tengah Semester (UTS) telah tiba. Selama 2 minggu (1-12 April 2013) mahasiswa program S1 akan menjalani hari-hari dengan menjawab soal-soal yang diujikan. Musim ujian ini pula yang menjadi masa-masa pengabdian dan totalitas pendampingan bagi rekan-rekan Islamic Study Club (ISC). Setelah memberikan pendampingan belajar secara intens selama hari aktif kuliah, kini rekan-rekan ISC harus bekerja lebih keras lagi untuk mendampingi adik tingkatnya agar sukses dalam menempuh UTS.
ISC merupakan sebuah kelompok belajar di bawah naungan LO FKPH. ISC memberikan bantuan pendampingan belajar bagi mahasiswa, terutama untuk mata kuliah prasyarat dan mata kuliah wajib lainnya. Musim UTS kali ini juga dimanfaatkan oleh para mahasiswa untuk bergabung dalam kelompok belajar ISC. Seperti diungkapkan oleh salah seorang mahasiswa, M. Arie Herdianto, yang mengungkapkan bahwa keberadaan ISC sangat membantu dalam proses belajar dan memahami materi kuliah.
“Semester lalu saya memutuskan untuk tidak bergabung dengan ISC, namun saya merasa sangat kehilangan. Banyak hal yang tidak saya pahami ketika di kelas, lalu kemudian menjadi paham ketika diajarkan oleh tentor di ISC. Nilai IP saya juga menurun. Sekarang, saya ingin bergabung lagi dengan ISC.” Ungkap Dito.
Untuk membantu mahasiswa dalam proses belajar, ISC menyediakan beberapa program, yaitu FGD (Forum Group Discussion) dan SGD (Small Group Discussion). Selain membantu mahasiswa untuk memahami materi dalam sebuah forum belajar, ISC juga menyediakan latiahn soal untuk menguatkan pemahaman mahasiswa.
“Banyak mahasiswa yang merasa terbantu dengan kehadiran ISC, terutama untuk mahasiwa baru. Terlebih, kami tidak memungut biaya sepeser-pun. Semuanya gratis. Kami digaji dengan pahala oleh Allah. Amiin.” Kata Sholahuddin Al-Fatih, salah seorang tentor ISC.
Selama musim UTS kali ini, ISC menggelar dua sesi, yakni sesi belajar di kelas (FGD dan SGD) dan sesi tanya jawab via media sosial (medsos) maupun sms. Untuk sesi belajar dikelas, rencananya akan digelar 2X dalam seminggu. Sementara untuk sesi tanya jawab via medsos dan sms bisa dilakukan kapan saja. (alfa38)