Munas LEMHI III di Universitas Pattimura

  • Post category:News

lemhi

PSIKnews – Sebanyak 8 Universitas dari seluruh Indonesia hadir di Universitas Pattimura, Ambon (15-18 September 2013). Mereka mengikuti agenda Musyawarah Nasional (Munas) ke-III Lembaga Eksekutif Mahasiswa Hukum Indonesia (LEMHI). 8 Universitas yang hadir tersebut diantaranya adalah Univesitas Brawijaya, Universitas Airlangga, Universitas Diponegoro, Universitas Udayana, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Negeri Semarang, Universitas Haluoleo dan tuan rumah, Universitas Pattimura.

Tema yang diambil kali ini adalah “Upaya Mengoptimalkan Instrumen Hukum Terkait Tindak Pidana Korupsi dan Aparat Penegak Hukum yang Bersih, Jujur dan Berani serta Dukungan Moral dari Masyarakat.” Ada tiga goal yang dihasilkan dari agenda Munas ini, yaitu kado untuk KPK berupa sumbangsih pemikiran, aksi bersama untuk memperingati sumpah pemuda pada bulan Oktober mendatang serta kajian strategis. Khusus untuk poin terakhir, kajian strategis terbagi menjadi dua domain utama, yaitu nasional dan regional. Tingkat nasional merumuskan upaya mengawal pemilu 2014. Sedangkan pada tingkat regional membahas masalah-masalah terkait wilayah masing-masing.

“Universitas Brawijaya selaku koordinator wilayah Jawa Timur dan Madura akan menjalankan fungsi pengawasan terhadap ketiga goal tadi. Selanjutnya kami akan bersinergi dengan Universitas Airlangga serta PTN dan PTS lainnya di wilayah Jatim dan Madura.” Ungkap Hendy Putra P, delegasi FH UB. (udin)