Menimba Ilmu ala Dynamica Study Club (DSC)

  • Post category:News

Malang, 07/06/2013 – Tiga puluh dua tahun berlalu semenjak DSC (Dynamica Study Club) pertama kali didirikan (tahun 1981. red).  Dengan itu menjadikan DSC menjadi kelompok belajar tertua di Fakultas Hukum UB. Para mahasiswa FH UB pada tahun 1981 tersebut memandang bahwa mahasiswa memerlukan wadah untuk mengasah kemampuan baik dibidang akademik dan non akademik. Gagasan tersebutlah awal mula terbentuknya DSC. Menurut Dr. Sihabudin SH, MH penamaan DSC berdasar atas metode yang digunakan kelompok belajar tersebut yaitu menggunakan komunikasi dua arah yang bersifat dinamis.Beberapa mahasiswa tahun angkatan 1981 yang menjadi almamater pertama DSC kini dikenal namanya berkat prestasi dan capaiannya. Ketua kejaksaan Negeri Malang Muhammad Nasrun SH, MH; dosen FH Dr. Rachmad Syafaat SH, Msi; serta pendiri LBH Surabaya pos Malang yang juga merupakan advokat Anshorul Churry SH, MH merupakan angkatan yang dibina tahun tersebut.
Berbagai metode belajar yang menyenangkan selalu diusung DSC dalam tiap kegiatannya. Dari pelatihan karya tulis ilmiah, public speaking sampai diskusi santai diselenggarakan kelompok belajar tersebut. Setelah belajar formal dalam perkuliahan, anggota DSC diajak untuk tetap menimba ilmu dalam bentuk yang lebih santai. Contohnya yaitu Diskusi Alam yang diselenggarakan Minggu (2/5) di Coban Rais kota Batu. Program tersebut adalah program baru DSC dimana mengharuskan anggotanya untuk berpetualang dan berdiskusi di alam bebas. Para anggota yang mayoritas merupakan mahasiswa angkatan 2010-2012 dibagi menjadi beberapa kelompok dengan masing-masing 1 fasilitator yang akan memimpin jalannya diskusi mengenai filsafat alam. Alam digambarkan sebagai sumber ilmu yang dapat dipelajari dalam kegiatan sehari hari selain melalui buku. Oleh karenanya, mahasiswa dituntut memiliki kesadaran untuk mencintai alam. Pada dasarnya semua kegiatan yang dilakukan DSC adalah untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa yang belum tentu didapat dalam kampus. “Kemampuan softskill berpengaruh nantinya untuk pengembangan karir maupun prestasi, DSC adalah wadah yang tepat untuk mengasah kemampuan tersebut.” tutur Dekan FH UB.
Menjelang UAS tanggal 10 Juni 2013 mendatang, minggu tenang di Fakultas Hukum dipergunakan sebaik-baiknya oleh anggota DSC untuk mengulang dan membahas materi perkuliahan yang akan diujikan. Menurut direktur DSC, Kania Galuh, diskusi materi untuk persiapan UAS dimulai dari hari Rabu kemarin (5/6) bertempat di halaman gedung Widyaloka. Tidak seperti hari biasa, waktu pertemuan menjelang UAS berjalan lebih intens. DSC biasa adakan pertemuan untuk berdiskusi sekurang-kurangnya 2 kali seminggu. Rencananya, selama ujian akhir ini mereka akan meningkatkan pertemuan setiap 5 kali seminggu. (/gta)