Mahasiswa Hukum Menginisiasi Circular Economy Kelapa Sawit Bekelanjutan

  • Post category:News
You are currently viewing Mahasiswa Hukum Menginisiasi Circular Economy Kelapa Sawit Bekelanjutan

 

Mahasiswa UB Melakukan Penelitian Terhadap Kelapa Sawitdalam upaya Mewujudkan Sirkular Ekonomi Kelapa Sawit di Indonesia.

Lima mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Brawijaya (FH UB) melakukan penelitian mengenai sirkular ekonomi kelapasawit dengan analisis koherensi kebijakan dan pendekatanberbasis ekonomi.

Penelitian tersebut dilakukan oleh Dwima Vilandamargin (FH 2019), Irvan Fadilah (FH 2019), Syofina Dwi Putri Aritonang(FH 2019), Ida Bagus Ayodya Maheswara (FH 2019), danDararida Fandra Mahira (FH 2017), dibawah bimbingan IbuPrischa Listingrum, S.H., LL.M selaku dosen pembimbingnantinya akan menghasilkan rekomendasi kebijakan dalamsirkular ekonomi kelapa sawit Indonesia yang salingberkoherensi antar satu kebijakan dengan kebijakan lainnya.

Ketua tim Dwima mengatakan saat ini belum ada peraturan dankebijakan yang jelas mengatur terkait sirkular ekonomi kelapasawit di Indonesia, sehingga diperlukan sebuah regulasi yang tepat mengingat potensi dari kelapa sawit yang dimilikiIndonesia ini sangat besar terutama dalam hal pemanfaatanlimbah pengolahan kelapa sawit maupun emisi dari industrikelapa sawit yang seringkali menimbulkan berbagai masalahbaru di berbagai negara tidak terkecuali di Indonesia.

Dalam kegiatan tersebut tim telah melakukan beberapawawancara kepada para pelaku usaha maupun pekebun kelapasawit, salah satunya adalah Gabungan Pengusaha Kelapa SawitIndonesia (GAPKI).

Tim kami telah melakukan wawancara kepada beberapa pihakterkait dalam pengolahan kelapa sawit, mulai dari para pekebunkelapa sawit sampai dengan Pabrik-pabrik kelapa sawit di beberapa daerah provinsi di Indonesia, dan berdasarkanwawancara tersebut kami menemukan bahwa pengolahan kelapasawit di Indonesia, terutama pada sisi regulasinya belumlahberpandangan kepada pemanfaatan kelapa sawit secaraberkelanjutan,” kata Irvan.

Setelah melakukan wawancara dengan pada pekebun serta para pelaku usaha kelapa sawit tersebut, tim akan melakukankonsinyering atau pendampingan bersama Dosen Reviewer daritim Rektorat maupun dari Dosen Pembimbing, nantinya juga akan ada Monitoring dan Evaluasi (Monev) dari tim Dekanatmaupun Rektorat, dan yang terakhir adalah Monev dari pihakTanoto Foundation.

Dengan adanya penelitian ini dan support dari TanotoFoundation, Universitas dan Fakultas,  Dwima berharappenelitian ini bisa memberikan manfaat untuk semua kalanganbaik itu bagi pemegang kebijakan (pemerintah), akademisi, ataupun masyarakat khususnya.