Mahasiswa FH Ikuti Program JENESYS Di Jepang

  • Post category:News

PSIKnews – Indonesia dan Jepang memiliki hubungan bilateral yang sangat erat, terlebih banyak perusahaan Jepang yang berinvestasi di Indonesia. Sebaliknya, para pelajar Indonesia banyak yang menuntut ilmu di negeri dengan julukan matahari terbit tersebut.

Salah satu pogram kerjasama yang ditawarkan oleh pemerintah Jepang adalah Japan East Asia Network of Exchange Students and Youth (JENESYS). Dalam program ini, pemerintah Jepang mengundang 330 generasi muda yang berasal dari negara-negara anggota Association of South East Asia Nation (ASEAN). Program ini sendiri bertujuan untuk membahas tentang plan of action negara-negara ASEAN dalam menghadapi AEC (ASEAN Economic Community) di tahun 2015 mendatang. Selama sepuluh hari, para generasi muda dari ASEAN tersebut akan mengikuti serangkaian kegiatan, mulai dari forum diskusi hingga survei lapangan.

“Untuk mendukung peran pemerintah dalam membangun kerja sama strategis antara ASEAN dan Jepang, kami (delegasi Indonesia) mengusulkan adanya kesinergisan SDM ASEAN-Jepang. Sinergitas tersebut dapat berupa kegiatan peningkatan kapasitas maupun brainstorming ide, yang memungkinkan terjadinya komunikasi dan saling tukar pandangan antar masyarakat di setiap negara ASEAN-Jepang dalam isu-isu tertentu, short course bagi tenaga-tenaga pendukung pemerintah (mahasiswa) maupun kegiatan-kegiatan produktif lainnya”. Kata Ganjar Prima Anggara, mahasiswa FH UB yang terpilih sebagai delegasi Indonesia dalam program ini.

Bentuk kerjasama ASEAN-Jepang yang turut dibahas dalam program ini meliputi isu-isu terbaru yang memungkinkan bagi kedua belah pihak untuk saling memberikan solusi. Diantaranya adalah tentang energi terbarukan, ketahanan pangan hingga mitigasi bencana. Setelah mengikuti program JENESYS ini, kedepannya Ganjar bertugas untuk membagikan astion plan yang telah dirumuskan oleh forum kepada civitas akademika di lingkungan Universitas Brawijaya. (alfa)