[Magang Sesi 2] Advokat atau Legal Secretary MSS & Associates, Business Law Consultants

MSS & Associates, Business Law Consultants adalah firma Konsultan Hukum yang berkantor pusat di Jakarta, yang terdiri dari advokat-advokat yang merupakan penerus dari kantor hukum Syahrir Yudaningrum Miranti Law Office yang telah berdiri sejak tahun 2005. Kantor kami dipimpin oleh konsultan hukum senior yang memiliki lebih dari 32 tahun pengalaman di bidang hukum korporasi maupun litigasi, dan memiliki tim konsultan hukum yang berpengalaman dalam proyek-proyek yang berskala nasional.  Kami bekerja dengan komitmen orientasi hasil dan memastikan produk hukum yang kami sampaikan sudah melalui tahap pengakajian yang mendalam.

Klien kami berasal dari berbagai macam industri dan badan hukum antara lain swasta nasional, internasional dan pemerintahan termasuk Badan Usaha Milik Negara dan Badan Usaha Milik Daerah.

Klien maupun Ex-User kami terdiri dari berbagai organisasi termasuk Badan Pemerintah, Swasta dan Organisasi Internasional, antara lain adalah Kementerian Lingkungan Hidup & Kehutanan Republik Indonesia, Bank DKI, Transjakarta, PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero), PT. Kereta Api Indonesia (Persero), PT. Semesta Energi Services, Investree, PT. 4848, PT. Mega Mahadana Hadiya, PT. Investree dan organisasi skala internasional yang berasal dari United Kingdom yaitu British Council dan British Council Indonesia Foundation.  Kami juga merupakan rekanan konsultan hukum resmi dari Bank Swasta Eximbank dan Perusahaan Daerah Pasar Jaya.

Jasa yang kami berikan melingkupi jasa hukum yang diberikan oleh tim konsultan kami antara lain kajian hukum atas proyek pemerintah, produk-produk hukum terkait dengan kegiatan pengadaan barang dan jasa, pembuatan perjanjian kerjasama, bentuk-bentuk surat/formulir-formulir dan pengkajian bahasa yang tertulis pada panduan prosedur kerja /standard operating procedure (untuk memastikan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Negara Republik Indonesia). Selain korporasi, kami juga memberikan jasa hukum dalam penyelesaian sengketa baik melalui pengadilan (litigasi) maupun diluar pengadilan seperti arbitrase.

Selain jasa hukum, kami juga menyediakan jasa terjemahan dokumen-dokumen baik secara tersumpah maupun non-tersumpah kepada klien-klien kami, baik yang merupakan institusi lokal maupun institusi internasional seperti British Council.

Pengalaman kami dalam memberikan jasa hukum kepada swasta nasional dan internasional antara lain dibidang penanaman modal, pembiayaan proyek infrastruktur, uji tuntas hukum, merjer dan akuisisi perusahaan, penyiapan dan negosiasi perjanjian-perjanjian, joint venture, perdagangan dalam negeri maupun internasional termasuk transaksi jual beli batubara dan gas alam, transaksi dagang yang meliputi antar wilayah Negara, kepatuhan hukum dan perburuhan.

Selain proyek yang sifatnya komersial, kami juga terlibat aktif dalam menyediakan jasa hukum bagi proyek-proyek yang bersifat sosial terutama dalam bidang pengembangan masyarakat dan anak di Indonesia yang diadakan oleh organisasi internasional yang bergerak di bidang pendidikan dan pengembangan kapasitas manusia.

Ketentuan Kualifikasi

  1. Wanita, berdomisili di DKI Jakarta
  2. Fresh Graduate S1 Universitas Negeri/Swasta atau Mahasiswa/i semester akhir
  3. Berdomisili di DKI Jakarta dan bersedia untuk berpartisipasi dalam program magang minimal selama 3 (tiga) bulan
  4. Memahami bahasa Inggris baik tertulis maupun percakapan adalah keunggulan
  5. Tata krama yang baik serta profesional
  6. Berkeinginan untuk berkarir sebagai advokat atau legal secretary paling tidak selama 1 tahun

Prinsip Kerja dan Lingkup Kerja

  • Prinsip Kerja:
    • Profesional dan Proporsional. Anda akan dilibatkan langsung dalam rapat-rapat dengan klien dan kegiatan riset ke lembaga-lembaga pemerintah, sehingga anda diharapkan memahami bahwa anda wajib hadir, mendengarkan, mencatat segala sesuatu yang disampaikan dalam rapat tersebut tanpa menyampaikan opini kecuali diinstruksikan oleh advokat yang menjadi supervisor anda;
    • Kewajiban Menjaga Rahasia. Anda dilarang keras untuk melakukan swafoto selama bekerja dan/atau menceritakan dan/atau menyampaikan informasi apapun yang anda dapatkan selama bekerja secara langsung/tidak langsung kepada pihak ketiga maupun media sosial.
  • Lingkup Kerja:
    • Pencatat Notulen.  Tugas utama anda adalah mendampingi advokat yang menjadi supervisor anda dalam berbagai rapat.  Anda harus memiliki kemampuan untuk memahami atau mencatat dengan jelas seluruh hal yang disampaikan oleh para peserta rapat, menyiapkan daftar hadir, dan merangkumnya dalam sebuah notulen baik pada saat rapat maupun setelah rapat sebagai bahan laporan.  Mohon dapat anda ketahui bahwa terdapat beberapa sesi rapat yang akan dilakukan dalam Bahasa Inggris dengan ekspatriat.
    • Petugas Riset. Selain sebagai pencatat notulen, anda juga akan mendampingi advokat yang menjadi supervisor anda dalam melakukan riset kepada lembaga-lembaga pemerintah, termasuk Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Otoritas Jasa Keuangkan Republik Indonesia, Badan Pertanahan Nasional.  Tidak menutup kemungkinan suatu waktu anda akan diminta untuk melakukan riset secara langsung tanpa pendampingan.  Oleh karena itu jika anda merasa bahwa memiliki kemampuan yang tinggi untuk beradaptasi dan mandiri, maka ini akan mengunggulkan profil anda.
    • Penerjemah Dokumen.  Kemampuan anda untuk menerjemahkan dokumen baik ke dalam Bahasa Indonesia maupun ke dalam Bahasa Inggris akan menjadi keterampilan tambahan yang akan mengunggulkan anda.

Manfaat Mengikuti Magang

  1. Anda akan mendapatkan Surat Keterangan Magang
  2. Pengetahuan praktek hukum di bidang hukum perdata komersial sebagai bekal anda untuk berkarir di dunia hukum
  3. Tunjangan transportasi dan makan setiap hadir rapat atau riset lapangan

Tanggal Batas Penyerahan Formulir dan Tes Tulis

Formulir dan soal tes tulis download di sini

Pengiriman dokumen dan formulir pendaftaran paling lambat 25 Agustus 2019 dan dikirimkan ke alamat email gilang@msscounsel.com, reyhan@msscounsel.com, henry@msscounsel.com dan cc ke office@msscounsel.com

Kandidat terpilih akan diminta untuk wawancara langsung di Bursa Efek Indonesia Jakarta.