Library Information System for PDIH

  • Post category:News

Pusat Dokumentasi Ilmu Hukum atau lebih dikenal dengan singkatannya PDIH, merupakan salah satu pojok favorit mahasiswa Fakultas Hukum UB. Yang mana di tempat ini tersedia ribuan koleksi buku tentang Ilmu Hukum, majalah tentang Hukum dan kumpulan Jurnal, Skripsi, Thesis, dan Disertasi. Ruang baca yang nyaman dengan akses wifi dan ruang lab komputer di dalam PDIH merupakan fasilitas yang disediakan oleh fakultas untuk menunjang kegiatan belajar mengajar baik untuk mahasiswa maupun dosen Fakultas Hukum UB.

PDIH terus berupaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk dosen dan mahasiswa Fakultas Hukum UB, oleh karena itu, sejak awal tahun 2016, PDIH bekerja sama dengan Perencanaan Sistem Informasi dan Kehumasan (PSIK) Fakultas Hukum UB mengembangkan Sistem Informasi Perpustakaan. Hal ini dikarenakan penggunaan sistem pelayanan manual seperti selama ini terdapat beberapa masalah yang mengakibatkan pelayanan tidak efektif. Seperti pencatatan pinjaman dan pengembalian buku secara manual, akibatnya apabila terjadi kehilangan terhadap buku yang dipinjam maka akan kesulitan mendatanya kembali karena belum mempunyai backup data yang baik, pengakses judul buku yang ingin dipinjam secara manual, akibatnya para civitas akademika memerlukan waktu yang panjang untuk mengakses koleksi buku di PDIH sehingga tidak efektif dan efisien, serta belum terdatanya semua koleksi buku, jurnal, proceding dengan baik, akibatnya tidak diketahui jumlah seluruh koleksi buku yang tersedia. Apabila hal ini dibiarkan berlarut-larut maka akan menimbulkan permasalahan pelayanan tidak efektif dan koleksi PDIH akan banyak yang hilang.

Dengan adanya Sistem Informasi Perpustakaan ini diharapkan PDIH mampu meningkatkan pelayanan perpustakaan kepada mahasiswa Fakultas Hukum UB, memudahkan petugas memproses peminjaman dan pengembalian buku, mempermudah untuk pencarian buku, dan memudahkan petugas mendata buku baru dengan sistem barcode.

Saat ini proses input buku kedalam sistem masih berlangsung, sudah ada sekitar 6600 buku lebih yang sudah terdata. Meski peminjaman buku masih menggunakan sistem manual, buku-buku sudah tertata dengan rapi sesuai dengan nomor rak. Rencananya akhir bulan Mei 2016 ini komputer untuk melihat katalog koleksi buku PDIH siap untuk digunakan, sehingga memudahkan mahasiswa dalam proses pencarian buku.