Liber Amicorum 70 Years Prof. Dr. Achmad Sodiki, SH.

  • Post category:News

IMG_0856

IMG_0834

Acara dalam rangka Purna Bakti 70 tahun Prof. Dr. Achmad Sodiki, SH. , sekaligus dilaksanakan tasyakuran untuk memperingati ulang tahun beliau ke 70 tahun. Acara yang dilakukan pada 11 November 2014 itu dimulai pukul 09.00-11.15 wib yang bertempat di Auditorium Lantai 6 Gedung A Fakultas Hukum. Acara yang dipandu dengan MC Hamidi Masykur dan Nanda itu dibuka dengan dengan penampilan Jagat Shalawat serta Tarian Topeng Malangan.

Acara itu dihadiri oleh Tamu Undangan, Kolega, Mahasiswa S1 dan S2 beserta umum. Acara dibuka dengan sambutan dari Ketua Panitia sekaligus Dosen Fakultas Hukum yaitu Dr. Jazim Hamidi, Rektor Unisma, Prof. Peter Mahmud, Prof. Isrok, Dekan Fakultas Syariah, Mantan Dekan FH UB : Prof. Kafrawi, Prof. Dr. Mashur Efendi, mewakili mantan mahasiswa Dr. Jarot Widya Muliawan (BPN Jawa Timur), Prof. Dr. KH. Tolhah Hasan, Dekan Fakultas Hukum UB Dr. Sihabudin SH. MH., serta Rektor Universitas Brawijaya Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri MS.

Banyak kesan dan pesan yang datang dari Kolega beliau Mantan Dekan FH UB, Prof. Kafrawi Prof. Dr. Mashur Efendi, Mewakili mantan Mahasiswa Dr. Jarot Widya Muliawan (BPN Jawa Timur) Prof. Dr. KH. Tolhah Hasan.

Mantan Menteri Agama Prof. KH. Tolhah Hasan, memberi kesan dan pesannya, Prof. Achmad Sodiki termasuk pada orang yang hidup dengan ilmunya, sekaligus orang lain dapat hidup berkat jasanya. Mengutip dari Sabda Nabi Muhammad SAW, “Ada tiga golongan orang Pandai, yang pertama ada orang pandai yang hidup dengan ilmunya dan orang lain dapat hidup karena jasanya. Kedua, orang yang hidup dengan ilmunya, tetapi orang lain tidak mendapat jasanya, dan yang ketiga yaitu orang pandai yang hidup dengan ilmunya tetapi orang lainlah yang menikmati ilmunya itu.” Beliau memiliki andil yang besar bagi Fakultas Hukum. Semoga Prof Sodiki panjang umurnya, karena masih dibutuhkan oleh orang banyak, kata Beliau. Beliau berharap akan lahir sarjana-sarjana hukum yang besar seperti Prof. Achmad Sodiki. Beliau adalah orang yang patut diteladani. Beliau orang yang ulet, tekun dan berjiwa tawaddlu. Semoga panjang umur dan diberi kesehatan oleh Allah. Amin. Dalam pidato beliau, beliau mengatakan bahwa tabungan di akhirat adalah pendidikan. Dalam perjalanan beliau menjadi dosen sampai menjadi hakim mahkamah Konstitusi, beliau selau berdoa ”Ya Allah masukkanlah kami dengan cara yang baik dan keluar dengan cara yang baik pula.”

IMG_0857
Pada Ulang Tahun beliau yang ke 70 ini, beliau menerbitkan dua buku sekaligus yaitu Dari Dissenting Opinion Menuju Living Constitution dan Liber Amicorum 70 tahun Prof. Achmad Sodiki S.H didedikasi kepada Kolega dan mahasiswa beliau.
Disamping itu dilakukan acara pemberian buku secara simbolis kepada perwakilan peserta undangan kepada Ketua mahkamah Konstitusi/ yang mewakili, Bapak Dekan FH UB Dr. Sihabudin S.H., MH., mewakili Sesepuh Prof. Kafrawi, mewakili Penulis dari Universitas lain Prof. Zaidun/Prof. Peter Mahmud, mewakili Mahasiswa dari badan Pertanahan Nasional Dr. Jarot.
Acara berlanjut dengan Pemberian Door Prize dan kenang-kenangan untuk para tamu undangan. Lalu dilanjutkan dengan Pemotongan Tumpeng oleh Prof Sodiki didampingi oleh isteri. Setelah itu acara ditutup dengan Doa oleh KH. Drs. Tolhah Hasan.