(Indonesia) Pembukaan Pendaftaran Anggota baru Lembaga Otonom FH 2014

  • Post category:News

\IMG_0227

Viva Justicia!!!!!!!! Mahasiswa hukum di seluruh Indonesia!

Fakultas hukum universitas brawijaya kembali mengadakan acara tahunan yaitu pembukaan pendaftaran baru LSO Fakultas hukum dalam rangka menyambut mahasiswa baru fakultas hukum brawijaya 2014. acara ini bertujuan untuk mengenalkan mereka tentang lembaga-lembaga otonom kampus fakultas hukum.
Adapun LSO antara lain Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Asian law Student Association (ALSA) Local Chapter Brawijaya University, Lembaga Pers Mahasiswa “Manifest”, Forum Studi Agama Islam (FORSA), Forum Kajian Penelitian Hukum (FKPH), Forum Mahasiswa Fakultas Hukum (FORMAH PK), Law English Study Club (LESC), Teater “Kertas”.

Acara yang bertempat di lobby Gedung B fakultas hukum itu berlangsung dua hari yaitu dimulai pada tanggal 1-3 Oktober 2014.

Acara tersebut mengenalkan kepada khususnya mahasiswa baru untuk terjun kedalam kehidupan kampus, aktivitas-aktivitas mahasiswa di kampus yang akan nantinya akan menambah kekayaan ilmu akademis maupun praktik serta pengalaman yang berguna nantinya.

Nantinya mahasiswa baru akan memilih LSO yang cocok dengan minat dan bakat yang dimilikinya. Sasaran acara pembukaan anggota baru itu tidak hanya untuk mahasiswa baru 2014, tetapi juga bagi mahasiswa lama angkatan 2013, maupun angkatan 2012.

Adapun LSO itu antara lain :

• Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) adalah lembaga kemahasiswaan yang bertugas mengkoordinasi seluruh organisasi mahasiswa dalam lingkungan kehidupan mahasiswa di fakultas. Badan kedaulatan mahasiswa BEM FH UB terus berupaya untuk mengembangkan jiwa kepemimpinan mahasiswa. Bem FH UB dalam menyambut mahasiswa baru yaitu mengadakan rekruitmen anggota baru yang nantinya akan diadakan Diklat untuk penggemblengan jiwa kepemimpinan.

Adapun pilihan kementrian adalah Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa (ADVOKESMA), Kepemudaan dan Olahraga (PORA), Kebijakan Publik (KP), Pemberdayaan dan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM), Sosial Masyarakat (SOSMA), Hubungan Masyarakat (HUMAS).

• ALSA adalah lembaga yang dibentuk oleh sekelompok mahasiswa dari Negara-negara ASEAN seperti Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura. Lembaga otonom ini yang mempromosikan tentang pemahaman dan apresiasi yang lebih baik tentang perbedaan sistem hukum di masing-masing negara, tetapi juga mempromosikan persaudaraan di kalangan mahasiswa dan memfasilitasi pertukaran informasi dan kasus hukum adalah tujuan dari ALSA.

“kami menyambut mahasiswa baru untuk bergabung dalam ALSA, kami berharap pendaftar semakin bertambah. Karena di ALSA akan diajarkan berbagai ilmu yang nantinya sangat bermanfaat” kata anggota ALSA.

• Lembaga Pers Mahasiswa “manifest”
Lembaga yang bergerak pada pendidikan jurnalistik bagi mahasiswa. Organisasi LPM “manifest” menerbitkan buletin kampus secara berkala hasil dari investigasi baik didalam kampus maupun diluar kampus.

• Forum Studi Agama Islam (FORSA)
Forsa adalah lembaga otonom yang didirikan untuk mengadakan kegiatan-kegiatan keislaman, serta bertujuan untuk menambah jalinan kuat antar sesama muslim. Selain mengadakan pendidikan agama islam, FORSA juga mengadakan kegiatan keislamian pada peringatan hari-hari besar Islam, serta mengadakan Diskusi tentang permasalahan hukum di masyarakat.

• Forum Kajian dan Penelitian Hukum (FKPH) adalah wadah bagi mahasiswa fakultas hukum untuk melakukan pengembangan pengkajian dan penelitian dalam keilmuan hukum. Forum ini nantinya akan mengajak mahasiswa untuk membahas seputar isu-isu hukum.
Kegiatan yang rutin dilakukan adalah mengikuti kompetisi-kompetisi penulisan karya ilmiah di tingkat nasional. Hampir setiap tahunnya forum ini menjuarai berbagai kompetisi-kompetisi.

• Forum Mahasiswa Peduli keadilan (FORMAH PK) adalah forum mahasiswa yang berfokus pada kegiatan advokasi dan bantuan hukum bagi masyarakat. Melalui formah pk, mahasiswa didorong untuk kritis terhadap permasalahan hukum yang terjadi di masyarakat.

• Law English study Club (LESC) adalah Organisasi yang didirikan oleh mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan dalam penguasaan bahasa Inggris dalam bidang hukum. Adapun kegiatan yang dilakukan yaitu melalui pengkajian dan diskusi kelompok. organisasi ini menampung dan menyalurkan kemampuan mahasiswa untuk berkreasi dan berekspresi dalam bahasa inggris.

• Teater “Kertas” adalah organisasi untuk mewadahi mahsiswa yang berkecimpung dalam bidang seni peran. Agenda rutin yang diadakan adalah melakukan pementasan teater secara berkala. Adapun pementasan yang dilakukan berkaitan dengan tema hukum, sosial, budaya dan lain-lain.

Sesuai dengan Misi Fakultas hukum yaitu Menyelenggarakan pendidikan hukum untuk mengembangkan penalaran hukum dan ketrampilan profesional, Penelitian hukum, serta Pelayanan masyarakat berdasarkan pendidikan dan penelitian.
Fakultas Hukum Universitas Brawijaya terus berupaya dalam mengembangkan ketrampilan mahasiswa agar mencetak sarjana hukum yang akan berguna bagi masyarakat luas. Salah satunya cara adalah membentuk wadah-wadah organisasi mahasiswa yang nantinya akan mengasah keterampilan profesional mahasiswa hukum yang berdaya saing Nasional maupun Internasional.