Laboratorium Ilmu Itu Bernama PDIH

  • Post category:News

PSIKnews – Ketika kita butuh referensi atau tempat rujukan belajar yang nyaman, pilihan utama tentu ke perpustakaan. Terlebih, perpustakaan di perguruan tinggi sangat jauh berbeda dengan perpustakaan yang ada di SMA atau SMP. Mulai dari fasilitas, kuantitas hingga kualitas layanan yang lengkap, sehingga dapat membantu kinerja mahasiswa maupun dosen yang membutuhkan referensi belajar.

Kondisi yang sama juga terjadi di Perpustakaan Fakultas Hukum atau yang lebih sering disebut dengan PDIH (Pusat Dokumentasi Ilmu Hukum). PDIH memang didesain sebagai tempat belajar yang nyaman, baik bagi mahasiswa maupun dosen. Di bawah komando Setiawan Nurdayasakti, SH., MH., PDIH tampil sebagai laboratorium baru bagi civitas akademika di lingkungan Fakultas Hukum Universitas Brawijaya. PDIH menyediakan layanan akses internet gratis, ratusan buku bacaan, kumpulan skripsi, tesis dan disertasi serta beberapa harian surat kabar.

Tercatat, hampir sepuluh surat kabar baik lokal maupun nasional yang selalu menempati display koran di PDIH. Diantaranya adalah Malang Post, Radar Malang, Surya, Jawa Pos, Tempo, Media Indonesia, Jakarta Post, Kompas, Sindo dan Republika. Tersedianya surat kabar sebagai bagian dari layanan PDIH merupakan jawaban akan kebutuhan terhadap informasi yang up to date, terutama isu-isu terkait hukum. Bahkan, untuk menambah daftar refernsi, tahun ini PDIH menambah koleksi buku bacannya. Buku bacaan tambahan tersebut merupakan hasil angket yang selama ini disebar, baik kepada mahasiswa maupun dosen. Dan hasilnya, buku-buku yang dirasa sangat dibutuhkan oleh mahasiswa maupun dosen akan menghiasi rak-rak buku di PDIH. Tak hanya jumlah buku bacaan yang bertambah, PDIH juga menambah jumlah rak buku sebanyak dua buah, almari kaca ukuran besar sebanyak lima buah serta dua buah X-Banner berisi imbauan mengenai tata tertib di dalam PDIH dan informasi jenis layanan yang tersedia di PDIH. Harapannya, dengan penambahan fasilitas penunjang tersebut dapat semakin meningkatkan jumlah kunjungan mahasiswa dan dosen ke PDIH untuk menggali luasnya samudera ilmu. (alfa58)