Kuliah Tamu : Perlindungan & Penempatan TKI

  • Post category:News

TKI

PSIKnews – Tenaga Kerja Indonesia (TKI) adalah sumber devisa bagi negara. Sayangnya, pemerintah seolah lepas tangan dengan berbagai macam problematika terkait TKI. Banyak kasus yang menimpa para TKI yang tak kunjung menemui titik temu. Dibutuhkan sebuah komitmen bersama antara para pihak yang terlibat dapat melakukan pembenahan terhadap pola dan sistem pengelolaan TKI.

Menyongsong era perdagangan bebas akibat efek dari globalisasi, perlu rasanya untuk segera berbenah. Pemerintah melalui Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) telah berupaya untuk menjalankan sistem pengelolaan TKI secara transparan dan komprehensif. Salah satu upaya yang dilakukan oleh BNP2TKI adalah dengan mengadakan penyuluhan ke beberapa pihak terkait, seperti akademisi.

Momen sosialisasi atau roadshow tersebut dimanfaatkan oleh para akademisi FHUB untuk mendapatkan pengarahan langsung dari BNP2TKI. Bertempat di ruang Auditorium lt. VI gedung A FHUB (jum’at, 25/10), hadir sebagai pemateri adalah Jumhur Hidayat, Kepala BNP2TKI. Beliau mengungkapkan pentingnya menyiapkan TKI dengan beberapa keahlian. Selain itu, perlu juga dijelaskan mengenai sistem jaminan dan perlindungan selama mereka bekerja di luar negeri. Pembenahan terhadap mekanisme TKI juga harus diperbaiki. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir pergerakan TKI ilegal. Dengan diadakannya kuliah tamu tersebut, diharapkan para audiens yang hadir memahami akan pentingnya memberikan perlindungan dan menempatkan TKi secara layak. (alfa)