Guest Lecture : Investigation Crime at Sea By : Marine Lt. Col. ( P ) Aria Cakra Wibawa

  • Post category:News

 

Rabu, 19 Maret 2014 diadakan kuliah tamu dengan narasumber Letkol Laut (P) Aria Cakra Wibawa. Kuliah tamu yang diadakan di ruang auditorium lantai 6 gedung A dihadiri oleh mahasiswa kelas hukum acara pidana, juga para dosen hukum pidana. Acara ini berlangsung mulai pukul 11.00 dan berakhir pukul 12.30. Hadir pula Bapak Faidzin sebagai moderator dari narasumber.

Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) merupakan garda terdepan bagi bangsa Indonesia dalam mempertahankan pertahanan di laut.

Berbagai perangkat telah disiapkan untuk melindungi negeri ini dari ancaman negara lain maupun organisasi kejahatan. Begitu pula berbagai konvensi-konvensi internasional yang telah diratifikasi juga peraturan perundang-undang yang ada di Indonesia dibuat sedemikian rupa dalam rangka menjaga keamanan negara.

TNI AL mempunyai tugas utama yaitu melindungi (to protect) Indonesia dari Polusi udara di laut, Kegiatan ilegal di laut, eksploitasi sumber daya lautan, dan lain-lain.

“Kewenangan stake holders di laut telah termaktub dalam berbagai undang-undang yang ada. Akan tetapi overlapping masih terus terjadi.” Ujar Letkol Aria.

Kuliah tamu kali ini mendapatkan apresiasi yang begitu besar dari para hadirin yang datang. “Harapannya fakultas hukum tahun ini lebih banyak berkerjasama dengan instansi terkait, agar mahasiswa dapat lebih memahami persoalan bangsa secara lebih nayata dari narasumber yang terpercaya dan ahli dibidangnya.” Ujar Emir Athira salah satu peserta kuliah tamu. (ea)