Kementerian Luar Negeri Beri Kuliah Untuk Mahasiswa Baru FH UB 2016

  • Post category:News

Senin, 5 September 2016, Fakultas Hukum UB menyelenggarakan Kuliah Tamu di hari pertama semester Ganjil Tahun Ajaran 2016/2017. Kuliah Tamu kali ini bertemakan “Sengketa Laut China Selatan” dan mendatangkan narasumber dari Kementrian Luar Negeri, yang pertama yaitu Dr. Iur. Damos D. Agusman., beliau adalah Sekretaris Direktorat Jenderal Hukum dan Perjanjian Internasional, dan yang kedua adalah alumni FHUB Syahda Guruh L. Samudera, yang saat ini menjabat sebagai Kepala Sub Direktorat Perjanjian Perdagangan, Jasa Ekonomi, Investasi dan Keuangan serta Lingkungan Hidup pada Direktorat Perjanjian Ekososbud, Ditjen Hukum dan Perjanjian Internasional, Kementrian luar negeri.

Pada kegiatan ini, diikuti oleh hampir semua mahasiswa baru FH UB 2016, karena kepala bagian Hukum Internasional mewajibkan semua Maba 2016 mengikuti kuliah ini. Kurang lebih 600 mahasiswa yang duduk dipelataran Loby Gedung kuliah FH UB dengan khidmat mengikuti kuliah ini.

Dalam kuliah ini, Dr. Iur. Damos D. Agusman. menjelaskan tentang isu-isu yang tengah hangat beredar, dengan bahasa yang ringan dan penyampaian yang mudah diterima oleh mahasiswa baru FH UB, beliau menggiring opini bahwa isu-isu yang beredar di media Indonesia saat ini adalah berlebihan. Disambung oleh pemateri kedua, Syahda Guruh L. Samudera, beliau menjelaskan lebih ke arah kemana sarjana-sarjana Hukum kedepannya. Memberi gambaran tentang pekerjaan-pekerjaan yang akan digeluti oleh para lulusan Hukum di Indonesia.

Dekan Fakultas Hukum UB dalam sambutannya berharap semoga acara ini bermanfaat, mahasiswa dapat memperoleh pemahaman-pemahaman tentang tugas-tugas kenegaraan, sehingga kita bisa mengapresiasi keberadaan mereka sebagai aparatur negara. (HUMAS FH/Ylnd)