Kegiatan Dosen Berkarya Fakultas Hukum Universitas Brawijaya dengan Korea Muslim Federation Busan

  • Post category:News
You are currently viewing Kegiatan Dosen Berkarya Fakultas Hukum Universitas Brawijaya dengan Korea Muslim Federation Busan

Departemen Hukum Islam Fakultas Hukum Universitas Brawijaya menyelenggarakan Kegiatan Dosen Berkarya pada tim ini diketuai oleh Dr. Nur Chanifah., S.PdI.,M.Pd.I yang bekerjasama dengan mitra Korea Muslim Federation Busan diharapkan dapat meningkatkan kegiatan tri dharma perguruan tinggi pada tingkat internasional dapat meningkat, sehingga nilai kinerja dosen juga meningkat dan baik. dan manfaat bagi Dosen juga agar  mempunyai pengalaman yang luas dan mendalam dengan dunia luar kampus. 

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan pengaruh yang sangat signifikan dalam meningkatkan kualitas dan akreditasi perguruan tinggi maupun fakultas. Hal ini dikarenakan akreditasi tidak hanya dilakukan pada tingkat nasional, tetapi juga internasional. Selain itu, kegiatan tim dosen berkarya pada level internasional ini juga diharapkan dapat membantu Universitas Brawijaya dalam meningkatkan reputasi dan rangkingnya di dunia.

Mitra yang dipilih merupakan adalah organisasi Islam pertama dan satu-satunya di Korea Selatan. berawal dari suatu komunitas masyarakat Muslim asli penduduk Korea. yang kemudian mempunyai Misi untuk merubah citra Islam dari kekerasan untuk damai. Pendirian KMF sebagai media dakwah maksudnya adalah untuk membangun pondasi Islam di Korea Selatan. Media dakwah yang digunakan per tahun berubah karena sesuai dengan situasi dan kontek sosial saat itu. Di tahun 1950-1960 dakwah Islam di Korea melalui pendidikan, publikasi, dan isu sosial seperti kemanusian terhadap anak yatim dan janda korban peran Korea, pengangguran. Tahun 1970-1980 media dakwah melalui pembangunan sarana prasarana Islam, institusi keagamaan dan pendidikan. Tahun 1990-2000-an melalui akademik dan budaya. ada kegiatan Dosen berkarya ini, menindaklanjuti permintaan dari pihak Korea Muslim Federation yakni:

  1.   Memperluas kerjasama antara institusi Universitas Brawijaya dan Korea Muslim Federation dengan melibatkan pihak KBRI
  2.   Memberi edukasi terhadap warga muslim Korea Selatan mengenai produk halal

Oleh karena itulah, pada program ini dilakukan beberapa kegiatan yaitu melalui pendampingan dan penyuluhan mengenai produk halal serta melakukan koordinasi baik dengan pihak KBRI Korea Selatan dan KMF tentang potensi keberlanjutan kerjasama kedua institusi. (fda)