Evaluasi Proses Belajar Mengajar

Dalam upaya untuk mengukur kinerja dan mendapatkan umpan balik dari mahasiswa dalam proses belajar mengajar, FHUB telah mengadakan berbagai evaluasi PBM, salah satunya dengan memberikan kuesioner tentang proses dan kualitas PBM dengan mahasiswa sebagai responden yang dilakukan pada akhir mata kuliah.
Berikut ini adalah 19 pertanyaan kuisioner untuk Program Studi Sarjana Ilmu Hukum:

  1. Dosen menyediakan hand out/modul/diktat untuk mahasiswa
  2. Frekuensi pemberian tugas atau latihan
  3. Kejelasan kontrak perkuliahan
  4. Kejelasan rujukan/referensi untuk perkuliahan (buku, jurnal, elektronik dokumen)
  5. Kejelasan tentang aturan penilaian
  6. Kejelasan tentang aturan perkuliahan yang disampaikan secara eksplisit
  7. Kejelasan tujuan perkuliahan (uraian tentang silabus, uraian tentang kemanfaatan kuliah)
  8. Kesesuaian antara tugas/latihan dengan materi kuliah
  9. Kesesuaian materi dengan rencana kuliah dan silabus
  10. Kesesuaian soal ujian dengan silabi
  11. Ketersediaan dan kemudahan mendapatkan rujukan/referensi
  12. Pemberian contoh-contoh yang relevan dengan materi perkuliahan
  13. Pemberian kesempatan bertanya dan berdiskusi selama kuliah
  14. Penjelasan dosen terhadap pertanyaan mahasiswa
  15. Penyampaian materi oleh dosen dalam perkuliahan
  16. Sistematika dan kejelasan dosen dalam menyampaikan materi
  17. Suasana kelas selama proses perkuliahan
  18. Tingkat kehadiran dan ketepatan alokasi waktu perkuliahan oleh dosen
  19. Upaya dosen untuk memotivasi belajar mahasiswa

Hasil Evaluasi Proses Belajar Mengajar Sarjana Ilmu Hukum dengan 19 pertanyaan kuisioner diatas tergambar pada grafik dibawah ini:

Berikut ini adalah 20 pertanyaan kuisioner untuk Program Studi Magister Ilmu Hukum, Magister Kenotariatan, dan Doktor Ilmu Hukum

  1. Kehadiran dan ketepatan alokasi waktu perkuliahan
  2. Kejelasan agenda perkuliahan
  3. Kejelasan rujukan/referensi untuk perkuliahan (buku, jurnal, elektronik, dokemen)
  4. Kejelasan tujuan perkuliahan (SAP dan Silabi)
  5. Kesesuaian antara latihan/tugas dengan materi perkuliahan
  6. Kesesuaian soal ujian (UTS,UAS) dengan materi perkuliahan
  7. Ketersediaan handout/module/diktat yang dipakai dalam materi perkuliahan
  8. Pemberian contoh-contoh kasus yang relevan dengan materi perkuliahan
  9. Pemberian kesempatan bertanya dan berdiskusi selama perkuliahan
  10. Pemberian tugas dan latihan
  11. Penggunaan Sarana dan Prasarana Oleh Dosen Air Condisioner
  12. Penggunaan Sarana dan Prasarana Oleh Dosen Laptop
  13. Penggunaan Sarana dan Prasarana Oleh Dosen LCD/OHP
  14. Penggunaan Sarana dan Prasarana Oleh Dosen Pointer
  15. Penggunaan Sarana dan Prasarana Oleh Dosen Wireless/Mix
  16. Respon dan kejelasan dosen terhadap pertanyaan maupun diskusi
  17. Sistematika dan kejelasan dosen dalam menyampaikan materi perkuliahan
  18. Tingkat kehadiran dan ketepatan alokasi waktu perkuliahan oleh dosen
  19. Umpan balik soal (T1,T2, UTS)
  20. Upaya dosen untuk memotivasi mahasiswa

Hasil Evaluasi Proses Belajar Mengajar Program Studi Magister Ilmu Hukum, Magister Kenotariatan, dan Doktor Ilmu Hukum dengan 20 pertanyaan kuisioner diatas, masing-masing tergambar pada grafik dibawah ini: