Infografis

Jumlah Mahasiswa Baru

Jumlah mahasiswa baru berdasarkan program studi dari tahun 2016 hingga 2020.

Notes:

  • SIH: Sarjana Ilmu Hukum
  • MIH: Magister Ilmu Hukum
  • DIH: Doktor Ilmu Hukum
  • DIH-J: Doktor Ilmu Hukum PSDKU Jakarta

Jumlah Mata Kuliah

Fakultas Hukum menyelenggarakan proses belajar mengajar sesuai dengan muatan kurikulum yang terbagi dalam beberapa mata kuliah dan jumlah kelas. Grafik di atas menunjukkan jumlah mata kuliah pada setiap program studi yang mengalami kenaikan maupun penurunan yang disebabkan adanya perubahan kurikulum.

Notes:

  • SIH: Sarjana Ilmu Hukum
  • MIH: Magister Ilmu Hukum
  • DIH: Doktor Ilmu Hukum
  • DIH-J: Doktor Ilmu Hukum PSDKU Jakarta

Jumlah Lulusan

Hampir semua program studi mengalami penuruan jumlah lulusan dari tahun 2019 hingga tahun 2020. Hanya Program Studi Magister Ilmu Hukum yang jumlah lulusannya meningkat dari tahun 2019 hingga tahun 2020.

Notes:

  • SIH: Sarjana Ilmu Hukum
  • MIH: Magister Ilmu Hukum
  • DIH: Doktor Ilmu Hukum
  • DIH-J: Doktor Ilmu Hukum PSDKU Jakarta

Jumlah Penelitian Dosen

Dalam perkembangannya, bidang penelitian di FH UB terus mengalami peningkatan. Skema yang ditawarkan semakin beragam. Pada tahun 2019 bertambah dengan skema penelitian Disertasi. Sedangkan pada tahun 2020, skema ditambah dengan penelitian joint research. Dilihat dari diagram di atas, dapat diketahui bahwa jumlah penelitian terbanyak dilakukan pada penelitian DPP/SPP, secara umum pada semua skema penelitian mengalami peningkatan jumlah penelitian, meskipun pada penelitian DPP/SPP itu sendiri pada tahun terakhir 2020 mengalami penurunan 4 angka.

Jumlah Jurnal Dosen

Secara umum publikasi ilmiah dosen dalam jurnal baik jurnal internasional maupun Jurnal nasional secara keseluruhan dapat dilihat dalam diagram di samping. Terdapat peningkatan jumlah jurnal yang signifikan di tahun 2020 yaitu sejumlah 150 jurnal.

Jurnal Dosen Tahun 2020

Jurnal Dosen di tahun 2020 sebagian besar merupakan jurnal Internasional.

Pengabdian Kepada Masyarakat

Pengabdian masyarakat merupakan salah satu elemen yang wajib dipenuhi oleh Dosen yangmemiliki tujuan untuk memberikan kontribusi keilmuan secara langsung kepada masyarakat. Unit yang berperan dalam menunjang kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat adalah BPPM (Badan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) dan BKBH (Biro Konsultasi dan Bantuan Hukum). BPPM berperan dalam mewadahi pengabdian masyarakat berdasarkan hasil riset yang telah dilakukan oleh dosen di lingkungan Fakultas Hukum Universita Brawijaya. Di lain sisi BKBH lebih menjalani fungsi pendampingan hukum dan advokasi terhadap masyarakat. Adapun bentuk Pengabdian Masyarakat yang telah dilaksanakan di Fakultas Hukum Universitas Brawijaya meliputi hal-hal di samping. Selama tahun 2020, penyuluhan hukum telah dilakukan sebanyak 14 kali, lalu pemberian saksi ahli telah dilakukan sebanyak 110 kali, kemudian advokasi dilakukan sebanyak 2 kali, konsultasi hukum sebanyak 25 kali, dan paralegal (rekruitmen dan pelatihan paralegal) sebanyak satu kali.

Prestasi Mahasiswa

Di tahun 2020 sejumlah mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Brawijaya mampu meraih prestasi dalam berbagai lomba yang diikuti. Hasil ini sangat membanggakan karena diperoleh dalam lomba yang bergengsi terutama di tingkat nasional dan membuktikan bahwa mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Brawijaya mampu berkompetisi dengan mahasiswa dari Perguruan Tinggi lain di seluruh Indonesia. Prestasi yang diaraih oleh mahasiswa meliputi Karya Tulis sebanyak 49 mahasiswa, Moot Court sebanyak 20 mahasiswa, Debat sebanyak 6 mahasiswa, Legislative Drafting sebanyak 6 mahasiswa, Constitutional Drafting sebanyak 11 mahasiswa, Legal Opinion sebanyak 2 mahasiswa, Olahraga sebanyak 18 mahasiswa, Keagamaan sebanyak 1 mahasiswa, dan Seni Budaya sebanyak 16 mahasiswa.

Masa Tunggu

Pada grafik di atas dapat dikatakan bahwa sebagian besar lulusan telah mendapatkan pekerjaan dalam kurun waktu kurang dari 6 bulan. Hal ini tentunya merupakan suatu prestasi bagi lulusan. Mereka tidak perlu menunggu terlalu lama untuk kemudian mendapatkan pekerjaan.

Pertukaran Pelajar

Melalui jaringan kerjasama internasional, mahasiswa FHUB memiliki kesempatan untuk belajar di Universitas yang berada di luar negeri. Pada tahun 2020 kegiatan pertukaran pelajar tidak dapat dilaksanakan secara luring karena pandemi Covid-19. lni tidak menyebabkan bahwa pertukaran pelajar tidak dapat dilaksanakan. Fakultas Hukum, Universitas Brawijaya mengadakan program berbentuk joint-class dengan Universiti Kebangsaan Malaysia untuk mengadakan student exchange secara daring. Meskipun dilaksanakan secara daring, hal ini tidak menyurutkan niat dan keinginan mahasiswa untuk bergabung. Sebaliknya, peserta student exchange pada tahun 2020 justru mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan mahasiswa peserta student exchange tidak lagi dibatasi oleh waktu, jarak, dan biaya.{en}Through international cooperation networks, Faculty of Law students have the opportunity to study at universities located abroad. In 2020 student exchange activities cannot be carried out offline due to the Covid-19 pandemic. This does not mean that student exchange cannot be carried out. The Faculty of Law, Universitas Brawijaya held a joint-class program with Universiti Kebangsaan Malaysia to hold an online student exchange. Even though it was conducted online, this did not dampen the students’ intention and desire to join. On the other hand, student exchange participants in 2020 actually experienced an increase compared to the previous year. This is because student exchange participants are no longer limited by time, distance, and cost.

Koleksi Buku

Pusat Dokumentasi dan Informasi Hukum (PIDH) adalah unit yang bertugas untuk menyediakan ruang baca bagi civitas akademika di Fakultas Hukum. PDIH telah melakukan pengembangan baik dari segi pelayanan dan koleksi. Koleksi yang disediakan PDIH terdiri dari buku baik berbahasa Indonesia maupun inggris, jurnal cetak, majalah, koran, dan tugas akhir mahaiswa. Koleksi buku yang disediakan di PDIH tidak hanya yang terkait dengan perkuliahan tapi juga terkait pengetahuan umum. Jumlah keseluruhan koleksi buku di PDIH adalah 14.433 eksemplar buku dan 4.906 eksemplar tugas akhir mahasiswa yang terdiri dari skripsi, tesis, dan disertasi. Untuk koleksi buku terbanyak adalah buku bidang Hukum Perdata dengan jumlah 5.515 eksemplar. Sedangkan koleksi buku yang paling sedikit adalah yang terkait dengan bidang Hukum Perburuhan yang berjumlah 113 eksemplar.

Laporan Tahunan 2021

Seluruh infografis Fakultas Hukum beserta penjelasannya dapat dilihat lebih detail pada LaporanTahunan.