Indonesian Sulphur Miners Karya Rio Dwi Septian Raih Juara 1 Di Journalist Days 2017

  • Post category:News
You are currently viewing Indonesian Sulphur Miners Karya Rio Dwi Septian Raih Juara 1 Di Journalist Days 2017

Rio Dwi Septian (kembali) juara 1 pada Journalist Days 2017 bertema “Travel Journalism: Travel the World to Spread the World”. Acara yang diadakan di Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia, Pd. Cina, Beji, Kota Depok, Jawa Barat pada Jumat, 28 April 2017.

Rio berhasil menjadi juara dengan photo yang berjudul “Indonesian Sulphur Miners”, photo berlokasi di Kawah Ijen, Banyuwangi.

Berikut adalah deskripsi Rio pada photo yang berhasil membawanya menjadi juara 1 : “Penambang belerang di Kawah Ijen Banyuwangi Jawa Timur terpaksa menghirup asap beracun dan dibayar hanya Rp 45.000 per hari untuk bekerja selama 12 jam dalam kawasan kawah gunung berapi yang aktif. Mereka mempertaruhkan hidup mereka sehari-hari dengan memecah belerang dan mengangkutnya keluar dari gunung berapi, menapaki batuan tajam dan terjal ke dalam kawasan gunung aktif sejauh 2.600 meter untuk mengumpulkan tetesan

belerang yang sudah mengeras dan kemudian memikulnya keluar. Belerang tersebut diangkut ke dalam keranjang dengan berat rata-rata 75 sampai 90 kilogram, kemudian dikumpulkan yang setelahnya akan dijual pada pabrik gula setempat sebagai bahan pemutih gula pasir. Salah satu penambang berkata :

“saya berjalan 300 meter mengitari gunung ke danau sulfur dan harus berhenti beberapa kali untuk menghela nafas, rasanya mencekik dan menakutkan”.

Selamat untuk ananda Rio Dwi Septian, semoga prestasi lebih tinggi berhasil diraih lagi oleh ananda Rio dan juga teman-teman mahasiswa/i Fakultas Hukum, Universitas Brawijaya yang lain.