{:id}Program Magang yang diselenggarakan oleh Program Studi Sarjana Ilmu Hukum{:} {:en}Internship organized by Bachelor of Law Study Program{:}

{:id}

1. LATAR BELAKANG

Program Magang MBKM dengan durasi minimal 1 (satu) semester ini melibatkan berbagai unsur yaitu mahasiswa, dosen pembimbing, mentor di tampat magang (Lembaga mitra) dan berbagai pemangku kepentingan lainnya. Program ini diharapkan memberikan pengalaman yang cukup kepada mahasiswa dalam hal pembelajaran secara langsung di tempat kerja (experiential learning), dimana selama magang mahasiswa akan mendapatkan hard skills (antara lain keterampilan hukum, problem solving, analytical skills), maupun soft skills (antara lain etika profesi/kerja, komunikasi, kerjasama). Mahasiswa yang sudah mengenal tempat kerja dan terbiasa dengan lingkungan dan budaya kerja tersebut akan lebih siap dalam memasuki dunia kerja untuk menunjang karirnya. Selain itu, program magang ini dapat menjembatani capaian pembelajaran lulusan agar materi ilmu hukum di bidang teori dan praktek dapat sama-sama tercapai dengan terus mengikuti perkembangan zaman.

2. TUJUAN

Program Magang ini memiliki tujuan, baik bagi mahasiswa maupun lembaga mitra, antara lain:

  1. Meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam menerapkan pengetahuan hukum dalam bidang tertentu sesuai dengan lembaga mitra.
  2. Meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam menyelesaikan masalah (problem solving) perkara hukum secara riil.
  3. Membiasakan mahasiswa dengan kultur/budaya bekerja sehingga meningkatkan pemahaman terkait manajemen waktu, kedisiplinan, ketrampilan, kemampuan berkomunikasi, kemampuan bekerja sama dalam tim serta kepemimpinan.
  4. Lembaga mitra mendapatkan sumber daya manusia terdidik dalam proses menjalankan kegiatannya.
  5. Lembaga mitra mendapatkan kesempatan untuk mengenal dan melakukan seleksi terhadap calon tenaga kerja yang telah dikenal pengetahuan dan ketrampilannya.{:}{:en}

1. BACKGROUND

The MBKM Internship Program with a minimum duration of 1 (one) semester involves various elements, namely students, supervisors, mentors at internship sites (partner institutions) and various other stakeholders. This program is expected to provide sufficient experience to students in terms of direct learning in the workplace (experiential learning), where during the internship students will gain hard skills (including legal skills, problem solving, analytical skills), and soft skills (including ethics). profession/work, communication, cooperation). Students who are familiar with the workplace and are familiar with the work environment and culture will be better prepared to enter the world of work to support their careers. In addition, this internship program can bridge the learning outcomes of graduates so that legal science material in the field of theory and practice can be equally achieved by continuing to follow the times.

2. PURPOSE

This Internship Program has objectives, both for students and partner institutions, including:

Improve student competence in applying legal knowledge in certain fields according to partner institutions.
Improving student competence in solving real legal cases.
Familiarize students with work culture/culture so as to increase understanding related to time management, discipline, skills, communication skills, ability to work together in teams and leadership.
Partner institutions get educated human resources in the process of carrying out their activities.
Partner institutions have the opportunity to identify and select prospective workers whose knowledge and skills are known.{:}

{:id}

Persyaratan yang harus dipenuhi mahasiswa yang akan mengikuti program Magang adalah sebagai berikut:

  1. Mahasiswa telah lulus minimal 100 sks yang dibuktikan dengan dokumen transkrip.
  2. Mahasiswa memiliki IPK minimal 3.00 yang dibuktikan dengan dokumen transkrip.
  3. Berstatus sebagai mahasiswa aktif pada saat melaksanakan Magang.
  4. Mahasiswa memiliki Proposal Magang.
  5. Syarat lain yang ditentukan oleh Lembaga Mitra.{:}{:en}

The requirements that must be met by students who will take part in the Internship program are as follows:

  1. Students have passed a minimum of 100 credits as evidenced by transcript documents.
  2. Students have a minimum GPA of 3.00 as evidenced by transcript documents.
  3. Status as an active student at the time of carrying out the Internship.
  4. Student has an Internship Proposal.
  5. Other conditions determined by the Partner Institution.{:}

{:id}

Mekanisme atau tahapan pelaksanaan program Magang adalah sebagai berikut:

  1. Mahasiswa mengisi formulir tertulis yang disediakan oleh FHUB dengan memilih Lembaga mitra yang dituju. Pendaftaran selama masa pandemi dilakukan secara online melalui google form yang dapat diakses pada link http://s.ub.ac.id/pendaftaranmagangmbkmfhub dengan mengupload dokumen yang disyaratkan, yaitu transkrip nilai, motivation letter dan surat persetujuan orang tua.
  1. Program Studi melakukan seleksi terhadap berkas persyaratan yang diajukan. Jumlah mahasiswa yang lolos mengikuti kegiatan Magang sesuai kuota yang ditentukan oleh Lembaga Mitra. Seleksi dalam bentuk wawancara atau tertulis atau bentuk lainnya dilakukan hanya terhadap Lembaga Mitra yang mensyaratkan.
  1. Berdasarkan hasil seleksi yang dilakukan, Program Studi mengumumkan daftar nama mahasiswa yang lolos di laman (website) FHUB.
  1. Sebelum program Magang dilakukan, Program Studi wajib menunjuk dosen pembimbing dan Lembaga Mitra wajib menunjuk staf sebagai Mentor bagi setiap mahasiswa yang melakukan Magang.
  1. Mahasiswa yang telah dinyatakan lolos seleksi wajib mengkonsultasikan pilihan mata kuliah yang dikonversi dengan Lembaga Mitra dan Dosen Pembimbing.
  1. Mahasiswa menyusun proposal magang dan mengkonsultasikannya dengan dosen pembimbing dan Mentor.
  1. Mahasiswa melaksanakan kegiatan magang sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh Program Studi dan Lembaga Mitra. Selama pelaksanaan kegiatan magang, mahasiswa wajib mematuhi seluruh ketentuan yang telah ditetapkan Lembaga Mitra dan menjaga etika berperilaku guna menjaga nama baik Program Studi.
  1. Selama melaksanakan program magang, mahasiswa wajib melakukan proses pembimbingan secara berkala dengan dosen pembimbing dan Mentor. Setiap proses pembimbingan ditulis pada laporan mingguan.
  1. Mahasiswa Menyusun laporan akhir magang dan mengkonsultasikannya dengan dosen pembimbing dan Mentor.
  1. Selama pelaksanaan Magang, Lembaga Mitra yang diwakili oleh Mentor melakukan evaluasi terhadap kegiatan magang maupun matakuliah yang dipilih mahasiswa. Sedangkan Dosen pembimbing melakukan proses penilaian terhadap Laporan Magang.
  1. Program Studi memasukkan nilai Magang dan mata kuliah yang diperoleh mahasiswa dalam SIAKAD yang dapat dilihat mahasiswa melalui SIAM.
  1. Program Studi wajib melaporakan nilai mata kuliah yang telah diperoleh mahasiswa setiap tahun ke Pangkalan Data Perguruan Tinggi.{:}{:en}

The mechanism or stages of the Internship program implementation are as follows:

  1. Students fill out a written form provided by FHUB by selecting the intended partner institution. Registration during the pandemic is done online through a google form which can be accessed at the link http://s.ub.ac.id/pendaftaranmagangmbkmfhub by uploading the required documents, namely transcripts, motivation letter and parental consent letter..
  2. The Study Program selects the required documents submitted. The number of students who pass the Internship activities according to the quota determined by the Partner Institution. Selection in the form of interviews or in writing or in other forms is carried out only for the Partner Institutions that require it.
  3. Based on the results of the selection made, the Study Program announced a list of names of students who passed on the FHUB website.
  4. Before the Internship program is carried out, the Study Program must appoint a supervisor and the Partner Institution must appoint staff as Mentors for each student who does the Internship.
  5. Students who have passed the selection are required to consult the choice of courses that are converted with Partner Institutions and Supervisors.
  6. Students prepare internship proposals and consult with supervisors and mentors.
  7. Students carry out internship activities according to the schedule determined by the Study Program and Partner Institution. During the implementation of internship activities, students are required to comply with all provisions set by the Partner Institution and maintain ethical behavior in order to maintain the good name of the Study Program.
  8. During the internship program, students are required to carry out regular mentoring processes with supervisors and mentors. Each mentoring process is written in a weekly report.
  9. Students Prepare a final internship report and consult it with supervisors and Mentors.
  10. During the implementation of the Internship, the Partner Institution represented by the Mentor evaluates the internship activities and courses chosen by the students. Meanwhile, the supervising lecturer conducts an assessment process on the Internship Report.
  11. The Study Program includes the value of Internships and courses obtained by students in SIAKAD which can be seen by students through SIAM.
  12. The Study Program is required to report the value of the courses that have been obtained by students every year to the Higher Education Database.{:}

{:id}

Proses penilaian meliputi penilaian Magang dan penilaian matakuliah:

1.Penilaian Magang

Penilaian magang terdiri dari penilaian terhadap proposal magang, kemahiran dan keterampilan hukum dan laporan akhir magang. Penilaian terhadap proposal dan laporan akhir dilakukan oleh dosen pembimbing, sedangkan penilaian terhadap kemahiran dan keterampilan hukum dilakukan oleh Mentor.

2.Penilaian Matakuliah

Selain penilaian terhadap kegiatan magang sebesar 6 sks, penilaian juga dilakukan terhadap mata kuliah yang diambil mahasiswa hingga jumlah sks yang diambil adalah 20 sks. Mata kuliah yang dipilih oleh mahasiswa dinilai oleh Mentor berdasarkan nilai dari Tugas terstruktur 1 (T1), nilai Ujian Tengah Semester (UTS), nilai Tugas terstruktur 2 (T2) dan nilai Ujian Akhir Semester (UAS).{:}{:en}

The assessment process includes Internship assessment and course assessment:

1. Internship Assessment

The internship assessment consists of an assessment of the internship proposal, legal proficiency and skills and a final internship report. The assessment of the proposal and final report is carried out by the supervisor, while the assessment of legal skills and skills is carried out by the Mentor.

2. Course Assessment

In addition to an assessment of the internship activity of 6 credits, an assessment is also carried out on the courses taken by students up to the number of credits taken 20 credits. The courses chosen by students are assessed by the Mentor based on scores from Structured Task 1 (T1), Middle Semester Examination (UTS) scores, Structured Assignments 2 (T2) scores and Final Semester Examination (UAS) scores.{:}

{:id}

  1. YAR Law Firm, Attorneys at Law (Jakarta Pusat): 2 mahasiswa
  2. Soehartono & Rekan Law Firm (Kota Malang): 5 mahasiswa yang berkeinginan kuat menjadi advokat
  3. Kantor Notaris/PPAT Arini Jauharoh (Lawang, Kabupaten Malang): 2 mahasiswa yang bersedia mengisi surat pernyataan kerahasiaan akta Kantor Notaris
  4. Kantor Notaris/PPAT Fairial Fatimah (Pakisaji, Kabupaten Malang: 2 mahasiswa yang bersedia mengisi surat pernyataan kerahasiaan akta Kantor Notaris

{:}{:en}

  1. YAR Law Firm, Attorneys at Law (Central Jakarta): 2 students
  2. Suhartono & Law Firm Partners (Malang City): 5 students who have a strong willing to become an advocate
  3. Notary Office/PPAT Arini Jauharoh (Lawang, Malang Regency): 2 students who are willing to fill out a statement of confidentiality of the Notary Office deed.
  4. Fairial Fatimah Notary/PPAT Office (Pakisaji, Malang Regency: 2 students who are willing to fill out a statement of confidentiality of the Notary Office deed

{:}

{:id}

  • Link Pendaftaran dapat diakses disini
  • Format Surat Persetujuan Orang Tua Mahasiswa/Wali dapat diunduh disini

Tanggal Terkait

Sosialisasi dan Pendaftaran: 28 Juli 2023 – 4 Agustus 2023
Seleksi Dokumen: 7 – 8 Agustus 2023
Interview: 10 atau 11 Agustus 2023
Pengumuman: 14 Agustus 2023

{:}{:en}

  • Registration Link can be accessed here
  • Student Parent/Guardian Approval Letter Format can be downloaded here

Important Dates

Sosialization and Registration: 28 July 2022 – 4 August 2023
Document Selection: 7-8 August 2023
Interview: 10 or 11 August 2023
Annoucement: 14 August 2023

{:}