[:id]Dosen FH UB Menjadi Narasumber Dalam The HCCH Asia Pacific Week 2023 di Hong Kong[:]

You are currently viewing [:id]Dosen FH UB Menjadi Narasumber Dalam The HCCH Asia Pacific Week 2023 di Hong Kong[:]

[:id]

Hague Conference on Private International Law or Conférence de La Haye de droit international privé (HCCH) kembali menyelenggarakan HCCH Asia Pacific Week yang bertemakan “Access to Justice and Sustainable Development: The Impact of the HCCH in an Interconnected World” di Fakultas Hukum Universitas Hong Kong. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 11-14 September 2023 pukul 09.30 waktu Hong Kong. HCCH Asia Pacific Week juga disiarkan secara langsung pada laman media sosial facebook dan youtube resmi HCCH.

Konferensi ini dihadiri oleh banyak peserta dengan mendatangkan ahli hukum dari seluruh Asia dan Pasifik. Salah satu ahli yang memaparkan presentasinya yaitu Dosen Fakultas Hukum Universitas Brawijaya, Afifah Kusumadara, S.H., LL.M., SJD.

Dalam pemaparannya Afifah membawakan judul “Choice of Court Convention : Benefits and Challenges in Indonesia”. Ia banyak menjelaskan manfaat dari mengaksesi konvensi pilihan pengadilan di Indonesia, tantangan serta langkah-langkah mengimplementasikan konvensi tersebut di Indonesia.

First is to make Indonesians courts favorable for foreign parties to convince them to choose Indonesian courts to convince them to choose Indonesian courts and that Indonesia must improve low quality of its judicial process the costly and lengthy process of enforcing contracts in Indonesia must be reduced,” ungkap Afifah.

Konvensi harus meyakinkan parlemen bahwa implementasi tersebut bisa meningkatkan EODB Indonesia atau indeks B-ready dan untuk mengisi kekosongan hukum mengingat pilihan perjanjian pengadilan lintas batas. Kemudian pemerintah juga harus membuat deklarasi penting yang disediakan oleh konvensi.

HCCH menyediakan wadah untuk melangsungkan diskusi dan tukar pikiran dari sudut pandang Asia serta Pasifik yang mencakup instrumen dan proyek normatif HCCH yang sedang berjalan di bidang litigasi transnasional, kerja sama hukum, hukum perlindungan keluarga dan anak internasional, serta hukum komersial, digital, dan keuangan. HCCH juga memberikan kesempatan bagi para peserta untuk mengetahui lebih lanjut mengenai HCCH dan pekerjaannya dengan berinteraksi langsung dengan para ahli dari seluruh Asia dan Pasifik.

Penulis: Zakiyyatu Fadzilla

[:]