Global Lecturer: Tiga Dosen Fakultas Hukum Universitas Brawijaya Mengajar di UiTM Malaysia

You are currently viewing Global Lecturer: Tiga Dosen Fakultas Hukum Universitas Brawijaya Mengajar di UiTM Malaysia
Salah satu cuplikan penyampaian materi Dosen FH UB, Dr. Riana Susmayanti, S.H., M.H. di Universiti Teknologi MARA (UiTM) | Foto: Riana Susmayanti

MALANG, FH UB – Kabar membanggakan datang dari tiga Dosen Fakultas Hukum Universitas Brawijaya (FH UB) yang dikirim mengikuti kegiatan Global Lecturer di Universiti Teknologi MARA (UiTM), Malaysia, pada tanggal 27-30 November 2022. 

Tiga Dosen tersebut yakni Dr. M. Hamidi Masykur, S.H., M. Kn., Dr. Riana Susmayanti, S.H., M.H., dan Dr. Muktiono, S.H., M.Phil.

Program yang melibatkan ketiga dosen senior FH UB tersebut dalam rangka perwujudan kerja sama antara Universitas Brawijaya (UB) dan Universiti Teknologi MARA (UiTM).

Melalui kerja sama antara kedua universitas tersebut diharapkan dapat meningkatkan indikator kinerja utama Universitas Brawijaya, yaitu dosen berkegiatan atau mengajar di luar kampus.

Topik yang menjadi pembicaraan setiap dosen berbeda-beda. Dr. M. Hamidi Masykur, S.H., M.Kn memberikan penjelasan materi tentang “Land Law” atau disebut Hukum Agraria. Dalam pemaparan yang disampaikan, Dr. Hamidi Masykur, S.H., M.Kn. menjelaskan bahwa “Land Law” di Indonesia menyesuaikan dengan berbagai hubungan sosial dan ekonomi dalam kepemilikan, penguasaan, pengoperasian, penggunaan, perlindungan, dan pengelolaan tanah. Tujuannya adalah untuk melindungi kepentingan ekonomi tanah dari kelas penguasa dan membantu menstabilkan tatanan sosial ekonomi dan aturan politik kelas penguasa. 

Pemateri kedua, Dr. Riana Susmayanti, S.H., M.H. membawakan materi tentang “Constitutional Law” atau Hukum Tata Negara. Sesuai dengan konteksnya, beliau memberikan penjelasan mengenai tatanan, struktur kenegaraan, mekanisme hubungan antara struktur organ atau struktur kenegaraan, serta mekanisme hubungan antara struktur negara dan warga negara di Indonesia.

Selain Dr. M. Hamidi Masykur, S.H., M.Kn. dan Dr. Riana Susmayanti, S.H., M.H., terdapat juga Dr. Muktiono, S.H., M.Phil. yang menjelaskan materi mengenai “Human Right Law” atau Hukum Hak Asasi Manusia. Pada kutipan pemaparan yang disampaikan, Dr. Muktiono, S.H., M.Phil. menjelaskan bahwa Hukum Hak Asasi Manusia di Indonesia sangat diperlukan adanya penguatan berbagai aspek terkait supaya terhindar dari regulasi yang tidak sesuai.

Melalui kegiatan ketiga Dosen FH UB yang mengajar di Universiti Teknologi MARA (UiTM) tentunya merupakan pencapaian yang luar biasa. Program ini dilaksanakan untuk pemenuhan Indikator Kinerja Utama (IKU) bagi Dosen FH UB untuk memiliki pengalaman atau riwayat mengajar di kampus luar negeri, salah satunya di Universiti Teknologi MARA (UiTM).

Melalui program Global Lecturer ini, diharapkan dapat meningkatkan reputasi dan akreditasi yang dimiliki FH UB yang lebih baik kedepannya. Selain itu, FH UB nantinya juga akan lebih banyak berkolaborasi dengan perguruan tinggi lain di kancah internasional untuk membawa inovasi dan kolaborasi yang bisa menambah kualitas dosen dan mahasiswa FH UB.

Terutama bagi mahasiswa nantinya akan mendapatkan sebuah pembelajaran baru dari para dosen untuk membantu meningkatkan kualitas belajarnya, baik dari sisi akademik maupun non akademik. Hal tersebut pasti akan memberikan keuntungan yang baik kedepannya. (raf/ebs)